All New Nissan Livina Bakal Punya Cruise Control?

27 Juni 2019 18:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Posisi tangan saat mengemudi Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Posisi tangan saat mengemudi Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada yang beda pada varian tertinggi Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander. Kalau kembarannya beremblem Ultimate ini punya fitur cruise control, sedangkan pada Livina VL tidak ada.
ADVERTISEMENT
Lingkar kemudinya hanya tersematkan tombol-tombol pengaturan audio pada sebelah kiri, sementara bagian kanan cuma cover plastik biasa.
All New Nissan Livina Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Menanggapi hal ini, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi menjelaskan masih pertimbangkan fitur tersebut disematkan pada produk terbarunya.
"Kami terus melakukan riset mengenai fitur dan spesifikasi apa yang dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen Livina di Indonesia. Jadi apakah itu cruise control atau lainnya, yang pasti kami akan kumpulkan dulu masukan dan kebutuhan konsumen," jelasnya beberapa waktu lalu.
Sebelumnya bila mengingat pernyataan Trainer Nissan Academy PT NMI, Sugihendi, dirinya bilang bahwa absennya cruise control karena memang fitur tersebut jarang sekali digunakan.
Test drive Nissan Livina Foto: dok. NMI
"Nissan sendiri sebenarnya memiliki fitur tersebut seperti sudah disematkan pada Serena, tapi memang untuk ini kami tidak punya plan untuk dipasangkan, cruise control umumnya untuk di jalan bebas hambatan saja," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Tambah Sugihendi, pabrikan berfokus pada penyematan fitur yang lebih fungsional, seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas, Hill Start Assist, sampai head unit modern yang bisa dikoneksikan dengan ponsel pintar.
"Kami lebih melihat fitur apa yang lebih layak, lebih berguna, lebih usefull dan applicable ke kustomer Indonesia tanpa perlu memberatkan harga jual," katanya.
Test drive Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Nissan Livina generasi kedua ini dipasarkan dalam lima varian: tipe E manual Rp 198,8 juta, tipe EL manual Rp 223 juta, tipe EL otomatik Rp 233 juta, tipe VE otomatik Rp 249,9 juta, dan tipe VL otomatik Rp 261,9 juta.
Kemudian dari spesifikasi teknis, di balik kapnya bersemayam mesin berkubikasi 1.499 cc yang memproduksi tenaga 102 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Daya maksimumnya itu dipadukan pada dua pilihan transmisi: manual 5-percepatan atau otomatik konvensional (4AT).
ADVERTISEMENT