AHM Respons Keluhan Konsumen Soal Masalah Radiator Honda PCX 160

20 Mei 2021 14:52 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

All new Honda PCX 160. Foto: dok. AHM
All new Honda PCX 160. Foto: dok. AHM
ADVERTISEMENT

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya buka suara soal ramainya air radiator rembes pada Honda PCX 160. Sebelumnya, salah satu pemilik matik tersebut di Jember, Jawa Timur mengaku motornya tak kunjung selesai meski sudah di bolak-balik bengkel resmi.

ADVERTISEMENT

Menanggapi ini, General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin menjelaskan pihaknya sedang melakukan pengecekan soal isu rembesnya air radiator PCX 160.

"Harus dianalisa dulu seperti apa keluhannya. Kami menyarankan segera bawa ke AHASS terdekat untuk dilihat dan ditangani keluhan konsumennya," kata Muhib, panggilan karibnya kepada kumparan, Rabu (19/5).

Muhib pun enggan memberikan pernyataan terburu-buru soal kemungkinan adanya kampanye perbaikan massal. Saat menanyakan lebih lanjut apakah permasalahan ini sudah diendus sejak lama, ia tak berkomentar banyak. "Saya belum dapat informasinya," pungkasnya.

Dihubungi AHM

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Logo Honda Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Tak selang lama, Abdul Rahmad, pemilik Honda PCX 160 yang mengalami malfungsi kebocoran air radiator menghubungi kumparan jika AHM sudah merespons keluhannya tersebut.

"Tadi saya sudah dihubungi sama AHM Surabaya, sudah saya sampaikan semua termasuk pihak atau petugas diler yang berbelit-belit menangani unit saya yang trouble," katanya.

ADVERTISEMENT

Rembes air radiator

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Air radiator di Honda PCX 160 rembes lewat komponen waterpump. Foto: Abdul Rahmad

Kasus rembes air radiator lewat komponen water pump bukan cuma terjadi pada Rahmad saja. Beberapa pengguna Honda PCX 160 juga mengeluhkan hal ini di forum-forum komunitas.

"Banyak yang mengeluhkan juga di forum-forum, saya sampai bosan juga. Di Facebook banyak itu yang mengeluhkan kebocoran air radiator," imbuhnya.

Sampai tukar unit

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lampu depan all new Honda PCX 160. Foto: dok. AHM

Sementara pemilik Honda PCX 160 di kawasan Karawang, Jawa Barat bahkan harus tukar unit lantaran belum ada 1 hari dari motor diantar sudah mengalami overheat, karena permasalahan pada komponen radiator.

"Saat itu saya menolak untuk penggantian komponen, sementara saya beli baru motornya. Saya tekankan ke diler, mobil saja yang head silinder-nya besar ketika overheat bisa melinting, apalagi cuma motor yang kecil seperti ini," kata pemilik, yang meminta namanya disamarkan.

ADVERTISEMENT

Beruntungnya, unit baru yang ia terima hingga saat ini tak menemui gejala overheat dan kebocoran air radiator pada komponen water pump.