Yasonna soal Copot Ronny Sompie: Tanggung Jawab Dia Deteksi Harun

29 Januari 2020 19:27 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Yasonna Laoly. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
zoom-in-whitePerbesar
Yasonna Laoly. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keputusan Menkumham Yasonna Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie yang mengungkap keberadaan tersangka KPK, eks caleg PDIP Harun Masiku, menuai respons yang beragam. Bahkan, sejumlah pihak menilai harusnya Yasonna yang dicopot dari posisi Menkumham.
ADVERTISEMENT
Merespons itu, Yasonna menganggap Ronny merupakan pihak yang paling bertanggung jawab atas keterlambatan Imigrasi mendeteksi keberadaan Harun Masiku.
"Tanggungjawabnya, siapa yang paling apa di situ," kata Yasonna ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1).
Ketua DPP PDIP bidang Hukum dan HAM itu berdalih telah mengingatkan Ronny untuk memperbaiki sistem keimigrasian yang ada. Namun, kata Yasonna, Ronny tak menjalankan arahan tersebut.
"Sistemnya saya sudah berapa bulan yang lalu bilang perbaiki sistem itu," ucap dia.
Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie di Festival Keimigrasian. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Sebelumnya, Yasonna menyebut alasan pencopotan Ronny Sompie untuk mengusut masalah delay informasi yang dimiliki Imigrasi soal keberadaan Harun Masiku di Indonesia.
Hal itu, berawal dari perbedaan jawaban yang disampaikan Yasonna dan Ronny. Yasonna menyebut Harun masih di luar negeri sebelum OTT KPK pada Rabu (8/1) terhadap Wahyu Setiawan, eks Komisioner KPU.
ADVERTISEMENT
Tak berselang lama, Dirjen Imigrasi Ronny Sompie mengungkap data berbeda dan menyebut Harun sudah di Indonesia sehari sebelum OTT atau pada Selasa (7/1).