Wilayah di RI yang Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang, 17-18 Juni

17 Juni 2020 4:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi hujan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hujan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan laporan peringatan dini cuaca. Sebagian besar wilayah Indonesia akan diterpa hujan disertai kilat dan angin kencang pada 17-18 Juni 2020.
ADVERTISEMENT
Dalam laporan yang diperbarui pada Selasa, 16 Juni 2020 pukul 22.06 WIB itu, BMKG menulis, sirkulasi siklonik terpantau di Maluku yang membentuk area konvergensi memanjang di Maluku Utara, dari Papua hingga Maluku dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.
Sirkulasi lainnya juga terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk konvergensi memanjang dari Riau hingga perairan barat Bengkulu.
"Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitar siklonik dan konvergensi tersebut," tulis BMKG dalam siaran persnya, Rabu (17/6).
Daerah perlambatan kecepatan angin, tambah BMKG, juga memanjang dari Selat Malaka hingga Thailand, di Kalimantan Utara, di Laut Jawa bagian timur dan di Nusa Tenggara Timur, yang memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.
ADVERTISEMENT
Adapun wilayah Indonesia yang diterpa hujan dan angin kencang sebagai berikut:
17 Juni 2020
Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung: Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua.
Awan hitam Cumulonimbus bergelayut di langit Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Selasa (22/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung: Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku.
18 Juni 2020
Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung: Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua.
ADVERTISEMENT
Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung: Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Saksikan video menarik di bawah ini.