Wapres Ma'ruf: Setiap Skandal dari Polri Picu Keresahan, Percepat Reformasi

21 Februari 2023 13:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wapres Ma'ruf Amin Memberi Sambutan di Seminar Sespimti Polri. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Wapres Ma'ruf Amin Memberi Sambutan di Seminar Sespimti Polri. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara Pemberian Penghargaan Kategori Pelayanan Prima dan Zona Integritas pada Polda hingga Polres di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/2).
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Ma'ruf mengatakan, setiap masalah yang muncul dari oknum Polri selalu menjadi perhatian publik. Terlebih adanya media sosial yang membuat informasi tersebar cepat.
"Kita semua menyadari, setiap skandal yang timbul dari tubuh institusi kepolisian di negara mana pun, pasti akan memicu keresahan, protes, bahkan agitasi publik. Apalagi dengan kemunculan media sosial, penyelenggara negara semakin sulit untuk bersembunyi dari penilaian publik," kata Ma'ruf di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.
Ma'ruf meminta, Polri harus segera berbenah diri. Melakukan reformasi institusi untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.
"Namun, ini mestinya menjadi dorongan untuk mempercepat reformasi institusi, bukannya menjadikan Polri gentar. Mata publik yang awas terhadap kinerja Polri menjadi penanda hubungan yang erat antara Polri dan masyarakat," ujar Ma'ruf.
ADVERTISEMENT
"Dengan demikian, saya berharap Polri terus membangun interaksi positif dengan masyarakat," sambungnya.
Terakhir, Ma'ruf juga mengapresiasi kinerja Polri yang menjaga keamanan dalam negeri sehingga pembangunan nasional tercapai.
"Berkat kerja keras personel Polri, kasus narkoba, mafia tanah, pinjaman daring ilegal, hingga aksi teror yang meresahkan masyarakat dan mengganggu pembangunan berhasil diungkap dan dihentikan. Polri juga memegang andil yang tidak kecil dalam upaya bersama menanggulangi Covid-19," pungkasnya.
Dalam acara itu, turut hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat utama Polri lainnya.