Wagub DKI Pantau Prokes COVID-19 dan Pelayanan Panti Asuhan di Jakarta

11 Februari 2021 16:20 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wagub DKI Ahmad Riza Patria kunjungi tiga panti sosial. Foto: Pemprov DKI
zoom-in-whitePerbesar
Wagub DKI Ahmad Riza Patria kunjungi tiga panti sosial. Foto: Pemprov DKI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memantau operasional dan penerapan protokol kesehatan di panti asuhan milik Pemprov DKI di Cipayung, Jakarta Timur.
ADVERTISEMENT
Ada tiga panti asuhan yang dikunjungi Riza, yaitu Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1, dan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa.
"Saya bersyukur bisa berkunjung ke panti ini dalam rangka memenuhi masukan teman-teman di DPRD DKI untuk selalu melakukan pengecekan. Kita memiliki 29 panti, anak umur 0 sampai 1 tahun sampai dengan lansia. Para penghuni kami bimbing menerapkan 3M. Misalnya lansia saat duduk, berjemur, tetap menggunakan masker, menjaga jarak," kata Riza di Jakarta, Kamis (11/2).
Wagub DKI Ahmad Riza Patria kunjungi tiga panti sosial. Foto: Pemprov DKI
Dia mengatakan 40% dari penghuni panti merupakan warga non-Jakarta. Pemprov memastikan membuka pintu bagi warga mana pun yang butuh bernaung di bawah panti asuhan.
"Jumlah total yang kita asuh kita rawat di sini kurang lebih 8 ribu orang, dan 40% dari non-Jakarta. Jadi kami juga mengasuh, membina, mendidik, anak-anak atau orang yang kami terima di panti asuhan sekalipun bukan warga Jakarta," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Dia mengakui sempat ada klaster panti asuhan di Jakarta. Setidaknya ada 371 kasus COVID-19 yang tercatat di panti asuhan Jakarta.
"Memang sempat ada klaster di beberapa tempat, jumlah selama hampir setahun ini kurang lebih ada 371 yang sempat terpapar virus corona dan terakhir bulan lalu sudah sembuh semua," tuturnya.
Wagub DKI Ahmad Riza Patria kunjungi tiga panti sosial. Foto: Pemprov DKI
Dia berharap akan ada lebih banyak pihak yang memberikan bantuan ke panti asuhan, atau bahkan membangun panti di Jakarta.
"Kami mendorong masyarakat membantu juga memberikan bantuan ke panti asuhan, syukur-syukur juga ada yang mendirikan panti asuhan mandiri atau swasta untuk meringankan beban kita semua," tutupnya.
Dalam kesempatan itu Wagub Riza disambut dan didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah, Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Ucu Rahayu yang juga Plh Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1, Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa, Tuty, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, Camat Fajar Eko Satrio; Dewan Kota Toto Suharto, dan berapa pejabat terkait lainnya.
ADVERTISEMENT