Virus Corona Kembali Muncul, Seluruh Warga Wuhan Dites COVID-19

3 Agustus 2021 11:50 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas medis dengan APD melakukan swab tes virus corona kepada warga di China. Foto: cnsphoto via REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Petugas medis dengan APD melakukan swab tes virus corona kepada warga di China. Foto: cnsphoto via REUTERS
ADVERTISEMENT
Otoritas China bertindak cepat merespons kemunculan kembali virus corona di Wuhan. Ibu kota Provinsi Hubei tersebut selama ini dikenalsebagai tempat lahir virus corona pada akhir 2019.
ADVERTISEMENT
Pada Selasa (3/8/2021), Pemerintah China memerintahkan seluruh warga Wuhan yang berjumlah 11 juta orang menjalani tes COVID-19.
"Kota berpopulasi 11 juta orang ini secara cepat meluncurkan pengujian asam nukleat komprehensif kepada seluruh penduduk," kata pejabat senior Wuhan Li Tao seperti dikutip dari AFP.
Pasien gejala virus corona atau COVID-19 bermain laptop dan handphone di rumah sakit darurat pusat pameran di Wuhan, Hubei, China. Foto: AFP/STR
Pada Senin (2/8/2021), otoritas Wuhan mengumumkan kemunculan tujuh kasus COVID-19. Laporan itu membuat warga Wuhan begitu terkejut.
Sebab, tujuh kasus yang menginfeksi pekerja migran seluruhnya penularan lokal. Selain itu, sudah hampir satu setengah tahun tidak ada kasus COVID-19 di Wuhan.
Saat ini China sedang bergulat untuk mencegah meluasnya COVID-19. Pada Selasa (3/8) ini, 61 kasus penularan domestik muncul di seluruh China.
Lonjakan kasus disebabkan penularan virus corona varian Delta. Varian asal India itu lebih menular dan mematikan.
ADVERTISEMENT