Video Orangutan Bak Pemandu Wisata Karena Faktor Tak Sengaja

28 Juli 2018 11:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Orangutan terlihat memandu wisatawan (Foto: Instagram/@mountnesia)
zoom-in-whitePerbesar
Orangutan terlihat memandu wisatawan (Foto: Instagram/@mountnesia)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Video yang memeperlihatkan orangutan menjadi pemandu wisata di Tanjung Puting National Park, Kalimantan Tengah, ternyata bukan faktor sengaja dijadikan oleh manusia untuk memandu para pelancong.
ADVERTISEMENT
Dalam video tersebut orangutan dengan jarak yang dekat tidak menyerang orang asing yang mengikutinya dari belakang. Bahkan orangutan tersebut terlihat akrab memandu para wisatawan.
Tingkah orangutan tersebut terekam oleh Abu Bornean, pemandu wisata di Tanjung Puting National Park, dan menjadi viral karena diunggah kemabali oleh akun Instagram @mountnesia, Jumat (27/7).
Kepada kumparan, Abu mengungkapkan tingkah orangutan yang seperti pemandu wisata benar terjadi. Ia menyebut orangutan tersebut kebetulan lewat dekat sekelompok para wisatawan asing.
"Video yang saya posting di Instagram itu kebetulan ketemu waktu mau menuju feeding orangutan di camp tanjung harapan," ujar Abu saat dihubungi kumparan, Sabtu (28/7).
Abu menyebut bukan kali pertama orangutan terlihat seperti memandu para wisatawan, sering kali wisatawan yang datang ke hutan tersebut disambut hangat dengan para orangutan.
ADVERTISEMENT
"Wisatawan waktu itu mau lihat feeding orangutan nah ke betulan masuk hutan ke temu sama orangutan jadi wisatawan itu sangat beruntung bisa jalan bareng dama orangutan, mereka akan baik kepada manusia bila mereka tidak diganggu," jelasnya.
Kini unggahan itu telah diputar lebih dari 113 ribu orang dan dibanjiri komentar pro kontra netizen melihat video orangutan tersebut.