Tjahjo Kumolo: Sudah Diputuskan, Megawati Tetap Ketum PDIP

20 Juni 2019 13:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Politikus senior PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, pada Rakernas PDIP Rabu (19/6), seluruh ketua DPD PDIP mengamanatkan Megawati Seokarnoputri menjabat kembali sebagai ketua umum.
ADVERTISEMENT
“Sudah diputuskan kemarin, semua teman-teman ketua DPD (PDIP) se-Indonesia sudah meminta, karena apa pun partai, menang di bawah kempimpinan Ibu Mega,” kata Tjahjo di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).
Mantan Sekjen PDIP itu melanjutkan, terkait pembentukan struktur baru yaitu apakah Ketua Harian atau Wakil Ketua Umum, akan diputuskan di dalam kongres V PDIP pada 8-10 Agustus mendatang di Bali. Menurut Tjahjo, meski ada jabatan baru, kendali dan wewenang penuh partai tetap ada di ketua umum.
Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, hadir di DPP PDI Perjuangan saat luncurkan Tagline Kampanye dan Atribut Milenial, Jakarta, Kamis (20/9/2018). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
“Nanti dibahas di kongres. Apakah bentuknya wakil ketua umum ya, kan penyempurnaan saja. Tapi kendali partai tetap pada Ibu Megawati,” ujar Menteri Dalam Negeri itu.
Sementara terkait dengan siapa yang akan mengisi jabatan waketum atau ketua harian, Tjahjo enggan menjawab. Dia mengatakan, hal itu juga akan diputuskan dalam kongres.
ADVERTISEMENT
“Nanti di kongres (diputuskan). Kemarin hanya pembahasan konsolidasi internal partai di tingkat provinsi, di tingkat kabupaten (dan) kota, di tingkat kecamatan. Karena ini harus dikonsolidasikan untuk mempersiapkan (pemilu) tahun 2024,” tutup Tjahjo.