Timses Yakin Yenny Wahid dan Gusdurian Dukung Jokowi-Ma'ruf

26 September 2018 13:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanulhaq (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanulhaq (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sikap politik putri presiden ke-4 Abudrrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, di Pilpres 2019 akan ditentukan sore ini. Sikap politik Yenny nantinya juga akan diikuti beberapa relawan yang tergabung dalam Gusdurian.
ADVERTISEMENT
Direktur Relawan Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq yakin dukungan Gusdurian sejak awal mengarah kepada Jokowi-Ma'ruf.
"Tentu saya sebagai TKN Jokowi-Ma'ruf berharap agar Gusdurian masuk ke Jokowi-KH Ma'ruf. Tetapi poinnya adalah saya yakin Gusdurian secara keseluruhan akan ke Jokowi-KH-Ma'ruf," kata Maman di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (26/9).
Ia yakin Gusdurian akan mendukung Jokowi-Ma'ruf karena menurutnya, pasangan nomor urut satu tersebut memiliki nilai-nilai keislaman yang ada di diri Gus Dur.
"Gus Dur merepresentasikan pertama prinsip keislaman. Islam yang menjadi spirit dan perubahan," jelasnya.
"Tidak mungkin Gus Dur mengizinkan ada kelompok- kelompok yang menggunakan agama untuk menggunakan kepentingan politik. Politik hate speech di masjid misalnya," lanjutnya.
Tidak hanya itu, poin lain yang membuatnya yakin Gusdurian akan mendukung Jokowi-Ma'ruf karena faktor civil society, yang menurutnya, dimiliki Gus Dur semasa hidupnya. Hal itu dinilai sebagai bentuk dari nilai-nilai demokrasi.
ADVERTISEMENT
"Dari sudut saya sudah jelas banget bahwa pilihan Gusdurian sangat lebih cocok pada Jokowi-Ma'ruf karena civil society Gus Dur akan mendukung seorang civil menaiki jabatan tertinggi di Indonesia, " pungkasnya.
Hingga saat ini, Yenny Wahid belum menentukan arah dukungannya di Pilpres 2019. Yenny akan mengumumkan arah dukungannya pada sore nanti.