Tahun Ajaran Baru Jakarta Mulai 13 Juli, Bukan Berarti Sekolah Kembali Dibuka

28 Mei 2020 13:57 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Sekolah. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sekolah. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemprov DKI Jakarta telah menerbitkan kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021 di tengah pandemi corona. Dalam kalender tersebut, tercatat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dimulai pada 13 Juli 2020.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana menjelaskan, KBM memang ditetapkan dimulai pada 13 Juli. Namun, bukan berarti sekolah kembali dibuka.
Pembukaan sekolah sendiri akan disesuaikan dengan kondisi terkini Jakarta terkait penyebaran corona. Artinya, bisa jadi KBM dimulai dan murid masih belajar dari rumah.
Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021 di Jakarta. Foto: Dok. Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
"Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada permulaan tahun pelajaran baru tersebut bukan merupakan pembukaan kembali sekolah. Pembukaan sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Nahdiana, Kamis (28/5).
Dia mengatakan, perubahan masih bisa terjadi. Semua penjadwalan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang berlaku.
"Perubahan Awal Tahun Pelajaran Baru dapat dilakukan apabila ada kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengingat kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir," kata dia.
ADVERTISEMENT
Adapun dalam kalender yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan, yakni KBM akan dimulai pada 13 Juli. Kemudian akan berakhir pada 25 Juni 2021.
Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Foto: Shutter Stock
"Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No 467 tahun 2020 tentang kalender Pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 merupakan dasar dan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan selama satu tahun, dimana permulaan Tahun Pelajaran Baru dimulai pada tanggal 13 juli 2020 dan berakhir pada tanggal 25 juni 2021," jelasnya.
************
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona