Sumpah di Atas Al-Quran, Mike Baycora Dilantik Jadi Pimpinan Polisi AS

11 Februari 2020 15:00 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ibrahim Baycora, pria muslim pertama yang jadi kepala kepolisian  Paterson di Council Chambers, Amerika Serikat.  Foto: Mitsu Yasukawa / Northjersey.com/ via REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Ibrahim Baycora, pria muslim pertama yang jadi kepala kepolisian Paterson di Council Chambers, Amerika Serikat. Foto: Mitsu Yasukawa / Northjersey.com/ via REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejarah tercipta di Kota Paterson, negara bagian New Jersey, Amerika Serikat. Ibrahim 'Mike' Baycora dilantik menjadi kepala kepolisian Muslim pertama di Kota Paterson. Kisahnya pun viral di media sosial.
ADVERTISEMENT
Baycora yang berusia 60 tahun dilantik menjadi kepala kepolisian Kota Paterson pada Selasa (4/2).
Saat dilantik, Baycora mengucap sumpah dengan tangan kiri di atas Al-Quran berbungkus cover putih yang dibawa oleh seorang anak lelaki. Sedang tangan kanannya terangkat ke atas. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat Kota Paterson, keluarga Baycora, serta perwakilan warga keturunan Turki di AS.
Berbicara dalam pelantikan Baycora, Wali Kota Peterson Andre Sayegh memulai pidato dengan sapaan khas Turki. Ia mengaku bangga atas pelantikan Baycora.
Ibrahim Baycora, pria muslim pertama yang jadi kepala kepolisian Paterson di Council Chambers, Amerika Serikat. Foto: Mitsu Yasukawa / Northjersey.com/ via REUTERS
"Baycora adalah orang keturunan Turki pertama yang jadi pimpinan kepolisian dalam sejarah AS. Ia juga Muslim pertama yang jadi kepala polisi di Paterson," ucap Sayegh seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (11/2).
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dalam pidatonya Baycora menyatakan kebanggaan atas AS serta darah Turki di tubuhnya.
"Sebagai bocah dari bagian timur Paterson yang tumbuh dan sekolah di sini, Paterson adalah rumah saya dan bagian terbaik di setengah diri saya," kata Baycora dikutip media lokal Paterson Times.
"Paterson ada dalam darah saya dan seluruh hidup saya, dan sekarang menjadi bagian dari 32 tahun karier kepolisian saya, ini adalah kebanggaan," kata Baycora yang orang tuanya bermigrasi dari Turki ke AS saat dia masih bayi.