Salat Id di Masjid Baiturrahman Aceh Pakai Prokes Ketat, Tak Ada Takbir Keliling

11 Mei 2021 9:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana vaksinasi massal perdana di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Suasana vaksinasi massal perdana di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Alidar, memastikan pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh, akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.
ADVERTISEMENT
“Bagi masyarakat yang tidak memakai masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan lainnya, maka tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam lokasi MRB,” kata Alidar, Selasa (11/5). Namun, tak disebutkan berapa kapasitas yang diperkenankan.
Alidar menuturkan, nanti pihaknya akan menyebarkan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di sejumlah sudut area MRB. Pengecekan suhu juga akan dilakukan oleh petugas di setiap pintu masuk.
Warga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Selasa (30/3). Foto: Irwansyah Putra/Antara Foto
“Kami akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu, baik melalui media cetak, online, maupun radio,” ujarnya.
Alidar mengimbau kepada masyarakat di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar untuk melaksanakan salah Id di masjid dan meunasah (musala) di gampong atau desanya masing-masing. Sehingga, tidak terjadi penumpukan dan pengumpulan massa yang begitu banyak di MRB.
ADVERTISEMENT

Tak Ada Takbir Keliling

Sementara itu, sebut Alidar, menyangkut takbiran di Banda Aceh, akan dilaksanakan di 25 masjid dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Peserta takbir di dalam masjid diperkenankan sebanyak 20 orang saja.
“Tidak ada pelaksanaan takbir keliling di jalan raya seperti tahun-tahun sebelumnya, takbir hanya di masjid saja,” ungkap Alidar.