Relawan Jokowi Tak Kenal Jokpro 2024, Sebut Wacana 3 Periode Sesat Harus Ditolak

19 Juni 2021 12:39 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memeluk calon presiden  nomor urut 01 Jokowi saat acara Deklarasi Pemilu Damai, Jakarta, Minggu (23/9).  Foto: AFP/Adek Berry
zoom-in-whitePerbesar
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memeluk calon presiden nomor urut 01 Jokowi saat acara Deklarasi Pemilu Damai, Jakarta, Minggu (23/9). Foto: AFP/Adek Berry
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Deklarasi kelompok relawan yang tergabung dalam Sekretariat Nasional Jokowi-Prabowo 2024 (Jokpro 2024) yang akan dideklarasikan hari ini menuai sorotan.
ADVERTISEMENT
Ketua JoMan yang merupakan relawan Jokowi, Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan wacana 3 periode berbahaya dan menyesatkan di Pilpres 2024 untuk melanggengkan kekuasaan.
"Pertama soal wacana 3 periode, sebagai wacana dalam alam demokrasi itu enggak masalah karena wacana gagasan dan ide enggak masalah. Yang berbahaya dan menjadi bencana ketika ini dipraktekkan buat kekuasaan 2024," kata pria yang disapa Noel itu, Sabtu (19/6).
Dia menyebut sebagai salah satu aktor yang di zaman orba, dia ikut berjuang membatasi kekuasaan presiden. Karena itu, sebagai relawan Jokowi yang setia sebaiknya wacana itu ditolak.
"Kedua, karena saya sebagai aktor dan pelaku waktu melawan orde baru adalah satu perjuangan kita adalah membatasi kekuasaan eksekutif tertinggi yaitu presiden. dan ketiga, wacana sesat ini menurut pandangan kami layak untuk ditolak, jadi ini wacana sesat," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Karena kita sama-sama tahu yang namanya kekuasaan itu adalah candu. Candu untuk jaringannya, candu untuk orang sekelilingnya, candu juga untuk para koruptor untuk melakukan perampokan-perampokan kekayaan bangsa ini. Jadi menurut saya dan pandangan saya tetap, saya sebagai pendukung Jokowi, menolak gagasan sesat ini," lanjut Noel.
Noel pun mengaku tak mengenal pihak yang mengaku sebagai relawan Jokpro 2024. Ia juga tak memahami motivasi mereka karena Jokowi secara tegas sudah menolak wacana 3 periode.
"Pertama saya tidak kenal dengan mereka yang pasti itu. Kedua, mereka siapa pun saya tidak tahu, yang ketiga kita tidak tahu motivasinya apa karena Presiden sudah berkali kali menolak gagasan 3 periode," ucapnya.
Lebih lanjut ia menegaskan pihaknya akan tegak lurus terhadap keputusan Jokowi terkait wacana 3 periode. Sebab, kata dia, demokrasi yang sehat menghadirkan kader bangsa bukan melanggengkan kekuasaan.
ADVERTISEMENT
"Karena saya harus mengawal penolakan Presiden itu sendiri sebagai pendukung Jokowi yang setia yang tegak lurus sama Presiden. Presiden menolak maka kami harus mengawal pernyataan Presiden," tutup dia.