Reisa: 230 Hari Pandemi Warga Mulai Kangen Liburan, tapi di Rumah Tetap Terbaik

23 Oktober 2020 17:28 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
dr. Reisa Broto Asmoro menjawab pertanyaan saat wawancara di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (12/6). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
dr. Reisa Broto Asmoro menjawab pertanyaan saat wawancara di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (12/6). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masyarakat akan menghadapi libur panjang (long weekend) Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober hingga 1 November 2020. Meski begitu, semua pihak diminta tetap waspada terhadap penularan virus corona yang masih terjadi di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, memahami keinginan masyarakat yang kangen berlibur, atau sekadar bertemu dengan sanak saudara dan kerabat terdekatnya. Namun, Reisa mengingatkan pandemi corona masih belum berakhir.
"Saya paham sudah hampir 230 hari kita dalam masa pandemi, rasanya mulai kangen liburan, menikmati keindahan alam dan berbagi momen ceria bersama sahabat, keluarga, dan teman dekat. Kali ini saya akan menyampaikan tips memanfaatkan akhir panjang di liburan ini," kata dr Reisa dalam konferensi persnya, Jumat (23/10).
Nikmati staycation. Foto: Thinkstock
Untuk bisa tetap berlibur dan tetap aman dari penularan COVID-19, Reisa menyarankan untuk lebih baik staycation di rumah bersama keluarga terdekat kita.
"Pertama, pilihan terbaik staycation atau berlibur di rumah saja. Sebagian besar kita telah melakukan ini selama lebih dari 8 bulan. Pilihan ini yang paling aman karena kita mengendalikan lingkungan rumah kita, menjalankan protokol kesehatan, keluarga untuk memastikan rumah aman dan nyaman," jelas Reisa.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, kebersihan rumah juga harus diperhatikan sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati masa liburan dengan aman dan nyaman.
"Rumah dibersihkan dan disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan buka jendela, biarkan sinar matahari masuk, dan tentunya bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga untuk memastikan rumah rapi, bersih setiap saat," tutur dia.
dr Reisa Broto Asmoro. Foto: Dok. Satgas Gugus Tugas COVID-19
Ia memberikan sejumlah rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan selama berlibur di rumah saja. Mulai dari menonton film hingga konser musik secara virtual.
"Berlibur di rumah bisa dimeriahkan acara seru, mulai dari tur virtual ke tempat wisata, museum, atau menikmati tayangan online yang menarik, musik, film, dan lain-lain," ujar Reisa.
"Anda bisa juga membuat permainan seru dengan keluarga," pungkasnya.
Infografik Jangan Cuma Kerja saat di Rumah Aja. Foto: Syawal/kumparan