PVMBG Akan Pasang Alat Mitigasi Bencana di Gunung Anak Krakatau

21 Januari 2019 19:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penampakan Gunung Anak Krakatau 2017. (Foto: Danumurthi Mahendra via Flickr.)
zoom-in-whitePerbesar
Penampakan Gunung Anak Krakatau 2017. (Foto: Danumurthi Mahendra via Flickr.)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Kementerian ESDM berencana memasang alat-alat mitigasi bencana untuk memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau. Kepala Bagian Mitigasi Gunung Berapi Wilayah Barat PVMBG Hendra Gunawan, mengatakan alat-alat itu berupa alat ukur deformasi dan seismometer.
ADVERTISEMENT
“Kalau dalam waktu dekat alat deformasi, kalau memungkinkan kita pasang alat pencatat gempa, yang lain sudah ada tapi kita tambahkan,” kata Hendra saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (21/1).
Hendra mengatakan kedua alat untuk mengukur aktivitas pergerakan magma dan gempa tersebut merupakan bagian dari ada mitigasi sistem monitoring Gunung Anak Krakatau.
Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dini pergerakan Gunung anak Krakatau sehingga semakin banyak nyawa yang dapat diselamatkan.
Pemasangan peralatan mitigasi akan segera dilakukan setelah aktivitas Gunung Anak Krakatau mulai menurun. Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar mengatakan berbagai alat baru ini akan dipasang di Gunung Anak Krakatau dan di pulau sekitarnya.
ADVERTISEMENT
"Ketika aktivitas sudah benar benar turun, kita ada beberapa pasang instrumen, baik di Pulau Anak Krakataunya sendiri maupun di Pulau Sertung, di Pulau Pajang," kata Rudy.
Selain pemasangan alat-alat mitigasi, Kementerian ESDM juga tengah mengembangkan beberapa sistem mitigasi baru. Mulai dari sistem monitoring aktivitas gunung lewat internet dan sms, serta pengembangan satelit.
Lewat ketiga sistem ini, nantinya masyarakat akan dimudahkan menerima informasi yang berkaitan dengan bencana alam lewat handphone dan internet.