PSI Raih 1,8% Suara di 2019, Hadapi Pemilu 2024 Giring Targetkan Raup 7%

10 Agustus 2022 12:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 di Gedung Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta pada Senin (6/6).
 Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 di Gedung Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta pada Senin (6/6). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua Umum PSI Giring Ganesha meyakinkan mengungkapkan menargetkan suara 7% untuk bisa lolos di Pemilu 2024. Menurutnya, target 7% itu memungkinkan bisa diraih pada 2024 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Target kita adalah 7% berarti 2 digit sekitar, kalau dihitung itu 10,6 juta suara," ujar Giring di kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8).
Giring mengatakan target 7% bukan hal yang tak mungkin. Terlebih selama 3 tahun terakhir kader PSI telah membuktikan kerja mereka di pemda, sehingga target 7% suara menurutnya paling realistis untuk PSI.
"3 tahun ini PSI sudah membuktikan kinerja di tingkat parlemen daerah ini menunjukkan bahwa ketika PSI diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam sistem berbagai perbaikan dapat kami lakukan. Kami di PSI merasa terhormat dan juga bangga dengan kinerja legislator PSI di DPRD selama mereka bertugas ini," ucap Giring.
"Mereka mendapat begitu banyak perhatian dan sorotan media tingkat nasional baik anggota DPRD PSI [di] DKI Jakarta, Bandung, Tangsel, Kota Tangerang, dan berbagai daerah lainnya," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Disinggung mengenai strategi apa yang telah dijalankan PSI untuk memenuhi target suara itu, Giring enggan merinci. Yang pasti, Giring mengatakan PSI telah memetakan daerah-daerah mana saja yang potensial bagi PSI untuk meraup suara pada pemilu mendatang.
"Banyak, kita sudah mempersiapkan begitu banyak strategi, cuma kayaknya kalau pagi ini kita cerita strateginya jadi ketahuan, dong, sama semuanya semua. [Yang pasti] semua daerah-daerah yang potensial [telah kita jajaki]. Kenapa gitu? Karena kita selalu bilang bahwa kenapa PSI lebih siap di Pemilu 2024 karena infrastruktur kita yang jauh lebih solid, kepengurusan kita yang sudah jauh lebih solid," ungkap Giring.
Karenanya, ia meyakini masyarakat selaku pemegang hak suara pada Pemilu 2024 akan lebih yakin lagi untuk mempercayakan suaranya kepada PSI. Baik itu di tingkat daerah maupun pusat.
ADVERTISEMENT
"Kami yakin masyarakat Indonesia akan memberikan kesempatan kepada kami politisi muda yang penuh semangat dan penuh inovasi serta kemajemukan pada tahun 2024 nanti untuk dapat berkiprah di parlemen maupun pemerintahan dalam memajukan dan mensejahterakan negeri tercinta ini," kata Giring.
"2024 mendatang tunggu gebrakan kami di parlemen tingkat nasional dan daerah. Kami akan buktikan melalui lebih banyak lagi anak-anak muda yang berani penuh semangat dari PSI yang akan melakukan perbaikan untuk bangsa dan negara ini," pungkasnya.
Di Pemilu 2019 atau pemilu pertama PSI, mereka menempati urutan ke-12 dari 17 parpol. Perolehan suaranya sebesar 2.650.361 juta atau 1,89 persen.
Artinya PSI menargetkan setidaknya pertumbuhan 5 persen di Pemilu 2024 nanti.