Profesor VN Parthiban, Pria India yang Punya 145 Gelar

20 September 2017 12:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kampus. (Foto: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kampus. (Foto: Pixabay)
ADVERTISEMENT
Beberapa waktu lalu heboh soal warga Indonesia bernama Welin Kusuma yang punya 29 gelar pendidikan. Ternyata, di India ada juga pria yang punya lebih dari 100 gelar.
ADVERTISEMENT
Bagi beberapa mahasiswa mengerjakan satu tugas akhir atau skripsi demi mendapat satu gelar saja mungkin sudah dipenuhi banyak drama dan 'penderitaan'. Tapi hal itu tidak berlaku bagi VN Parthiban (55), profesor (dosen) asal India yang punya 145 gelar.
Kecintaan Parthiban kepada pendidikan menghasilkan 145 gelar dalam kurun waktu 30 tahun. Parthiban punya gelar di berbagai bidang dan ia juga mengajar lebih dari 100 mata pelajaran yang berbeda.
"Aku sangat menikmati proses belajar, ini tidak sulit sama sekali," ujar Parthiban seperti dikutip dari huffingtonpost.in.
Parthiban mengatakan ia dibesarkan di sebuah lingkungan di Madras, India, dan di sana pendidikan adalah barang mewah. Parthiban sendiri juga sedikit kesulitan saat harus menyelesaikan gelar pertamanya. Ini karena ia harus belajar sambil bekerja.
ADVERTISEMENT
"Aku berjuang keras saat harus menyelesaikan gelar pertamaku di kampus dan harus bekerja sekaligus. Kemudian saya mulai mencari kampus di mana pun, asal mereka tidak memerlukan sertifikat pindah untuk pendaftaran sehingga saya bisa belajar kursus yang berbeda pada saat bersamaan," ujar Parthiban.
Parthiban yang menjadi profesor (dosen) di Universitas Channai ini mengatakan, tidak mudah baginya untuk mengajar 100 mata pelajaran yang berbeda. Kadang ia bahkan lupa kelas mana dan apa yang harus ia ajarkan.
"Untungnya para murid tidak pernah komplain," canda Parthiban.
Meski punya 145 gelar, Parthiban sendiri mengatakan ia pernah gagal dalam mendapat satu gelar yang membutuhkan skill matematika dan ia kurang menyukai matematika.
Saat ini Parthiban tinggal bersama sang istri, seorang pegawai bank yang punya 9 gelar, dan dua anak yang sudah menyabet gelar MBA.
ADVERTISEMENT