Pria Surabaya Pengubah 'Aisyah Istri Rasulullah' Dijerat Pasal Penista Agama

24 April 2020 15:08 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Penjara. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penjara. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Pemuda berinisial B warga Kalijudan Surabaya terus menangis usai diamankan polisi, Rabu (15/4). Dia diamankan setelah videonya viral mengubah lirik ‘Aisyah istri Rasulullah’. Pemuda itu diduga melakukan penistaan agama.
ADVERTISEMENT
Kanit Resmob Polrestabes Surabaya Iptu Arief Rizky Wicaksana, mengatakan, saat video instastory itu dibuat pemuda itu tengah mabuk minuman beralkohol bersama sejumlah temannya.
“Dari hasil pemeriksaan, awalnya hanya bercanda sama temennya. Ya guyonan-guyonan dengan temannya aja. Pada saat itu yang bersangkutan mengkonsumsi beralkohol,” kata Arief, di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (24/4).
Lebih lanjut, polisi menjelaskan, B tengah bancakan alkohol bersama temannya. Kemudian, membuat video tersebut dan mengunggahnya di instastory media sosial Instagram pribadinya.
Kronologinya Selasa pada tanggal 14 April dari saudara B ini mengupload video tersebut di instastorynya lalu dari tim kami melakukan siber patrol,” ungkapnya.
“Menemukan file tersebut, lalu pagi harinya (15/4) kita mengamankan yang bersangkutan di wilayah Kalijudan. Kita periksa di Mapolrestabes Surabaya,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Dari kasus itu polisi sudah memeriksa enam saksi, diantaranya pelapor hingga saksi ahli.
Sementara itu, B terus meminta maaf dan menangis tersedu-sedu.
“Memang saya salah dalam saya ngomong tadi, menyanyikan lagu yang salah. Mohon maaf untuk agama Islam, saya telah berbuat salah".
"Saya minta maaf terutama buat agama Islam, agama saya sendiri, saya minta maaf. Mohon maaf ya pak. Astagfirullah hal adzim,” tangis B yang terus meminta maaf.
Pelaku dijerat Pasal 45 A ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 dan Pasal 28 UU ITE. Ancaman hukuman 5 tahun penjara.
*******
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT