Prabowo Temui Menhan AS Lloyd Austin di Pentagon, Bahas Kerja Sama Pertahanan

21 Oktober 2022 14:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menhan Prabowo Subianto Bertemu Menhan AS Lloyd J. Austin. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menhan Prabowo Subianto Bertemu Menhan AS Lloyd J. Austin. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin pada Kamis (20/10) di Gedung Pentagon, Virginia, AS. Pertemuan tersebut membahas kerja sama antara AS dan Indonesia
ADVERTISEMENT
"Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh serta bebas dan terbuka, saya percaya untuk mencapai tujuan ini akan membutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik," ungkap Prabowo, dikutip dari keterangan yang diterima kumparan.
AS menyatakan siap membantu modernisasi militer Indonesia dan memperkuat interoperabilitas antara AS dan Indonesia. Ia berharap kerja sama dalam bidang keamanan dapat berlanjut di tengah dinamika keamanan regional yang dinilai kompleks.
Lebih lanjut, Austin juga mendukung berjalannya program para taruna yang dikirim ke tiga akademi militer AS, yaitu di The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.
ADVERTISEMENT
Kedua menteri juga membahas kemajuan kerja sama pertahanan AS-Indonesia dalam perluasan "Super" Garuda Shield musim panas ini, latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.
“Kami berharap kerja sama pertahanan kedua negara semakin kuat dan persahabatan kedua negara akan terus berlanjut serta tumbuh dalam semangat saling menghormati dan percaya untuk kepentingan nasional masing-masing,” tandas Prabowo.