Prabowo Siap Rangkul Seluruh Negara, Jokowi Tekankan Bebas Aktif

30 Maret 2019 20:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman sebelum mengikuti  Debat Ke IV Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu, (30/3). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
zoom-in-whitePerbesar
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman sebelum mengikuti Debat Ke IV Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu, (30/3). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Capres nomor urut nomor 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo menyampaikan visi misi terkait hubungan internasional yang akan dilakukan Indonesia untuk 5 tahun mendatang.
ADVERTISEMENT
Mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi misi, Prabowo mengatakan jika ia terpilih, pemerintahannya siap merangkul seluruh negara di dunia untuk bermitra dengan Indonesia.
"Di bidang hubungan internasional kita menganut 1.000 kawan terlalu sedikit, 1 lawan terlalu banyak. Kita akan baik dengan semua negara, dengan semua kekuatan di seluruh dunia, kita akan baik," sebut Prabowo di hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (30/3)
"Kita akan cari hubungan yang saling menguntungkan tapi juga akan mempertahankan dan membela rakyat yang utama. Bagi kita membela rakyat adalah kehormatan yang sangat mulia," sambung dia.
Sementara, Jokowi ketika menyampaikan visi misi kembali menekankan prinsip politik luar negeri Indonesia yaitu bebas aktif.
"Kita tahu situasi dunia penuh ketidakpastian, multilateralisme semakin dilemahkan, proteksionisme semakin meningkat," papar Jokowi.
ADVERTISEMENT
"Indonesia harus berdiri kuat, bermartabat dan tetap jalankan politik luar negeri bebas aktif. Bebas jalankan kepentingan nasional dan aktif ikut perdamaian dunia," papar Jokowi.