Prabowo Perintahkan Tes Swab Massal Corona untuk Seluruh Prajurit TNI

10 Juli 2020 16:29 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri rapim Kementrian Pertahanan, TNI, dan Polri tahun 2020, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri rapim Kementrian Pertahanan, TNI, dan Polri tahun 2020, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertumbuhan kasus positif virus corona di Indonesia terus meningkat. Teranyar penularan terbesar justru terjadi di lingkungan TNI yakni di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung serta Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Pusdikpom AD) di Cimahi.
ADVERTISEMENT
Menanggapi kejadian itu juru bicara Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Menhan Prabowo Subianto telah menginstruksikan tes swab massal kepada seluruh prajurit TNI. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.
"Terkait dengan hal tersebut, Pak Prabowo meminta ada tes swab massal memang kepada seluruh Prajurit TNI, agar semuanya selalu siap sedia menjalankan tugas. Apalagi saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan COVID-19 di lapangan," ujar Dahnil saat dihubungi, Jumat (10/7).
Dahnil menjelaskan, memang sudah ada kesatuan TNI yang melakukan tes swab kepada prajuritnya. Namun, Prabowo meminta cakupan tes diperluas sehingga seluruh prajurit TNI bisa mengikuti tes swab.
Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi dan Hubungan antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
"Beberapa kali sudah dilakukan di beberapa unit dan kesatuan, beliau minta bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas," kata Dahnil.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, Achmad Yurianto membeberkan munculnya klaster baru penularan corona di Sekolah Calon Perwira (Secapa)TNI AD Bandung, Jawa Barat.
Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada 29 Juni 2020 lalu, ditemukan ada 1.262 orang di lingkungan Secapa TNI AD di Bandung yang positif corona.
Tak hanya di Secapa, Wali Kota Cimahi Ajay M Priyatna juga mengkonfirmasi munculnya klaster baru penyebaran virus corona di Pusat Pendidikan Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Pusdikpom AD). Berdasarkan informasi, setidaknya terdapat 99 anggota TNI yang terkonfirmasi positif corona di Pusdikpom AD. Di antaranya, sebanyak 74 siswa dan 25 anggota yang berdinas di Pusdikpom AD.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
ADVERTISEMENT