Prabowo Kedepankan Diplomasi-Dialog soal Sengketa Antarnegara ke Menhan Jepang

29 Maret 2021 16:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Minggu (28/3) melaksanakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang H.E. Nobuo Kishi, di Tokyo, Jepang.  Foto: Dok. Kemenhan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Minggu (28/3) melaksanakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang H.E. Nobuo Kishi, di Tokyo, Jepang. Foto: Dok. Kemenhan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menhan Republik Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Jepang H.E. Nobuo Kishi, di Tokyo, Jepang, Minggu (28/3). Pertemuan ini merupakan pertemuan tatap muka pertama kedua Menhan setelah keduanya melakukan pembicaraan secara virtual.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan ini, kedua Menhan saling bertukar pandangan mengenai isu-isu keamanan regional dan kerja sama pertahanan, serta menegaskan kembali upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara.
Prabowo menegaskan diplomasi, dialog, dan menegakkan supremasi hukum adalah cara untuk menyelesaikan masalah sengketa antarnegara.
“Using diplomacy and dialogue in resolving disputes between countries, and uphold of the rule of law in dealing any disputes. (Menggunakan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan perselisihan antar negara, dan menegakkan supremasi hukum dalam menangani setiap perselisihan),” ujar Prabowo dalam keterangan resminya.
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Minggu (28/3) melaksanakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang H.E. Nobuo Kishi, di Tokyo, Jepang. Foto: Dok. Kemenhan
Kedua Menhan sepakat untuk mengadakan dialog Military to Military, melanjutkan konsultasi kerja sama alutsista dan teknologi, serta lebih meningkatkan kerja sama service to service.
Keduanya juga menyambut baik diadakannya pertemuan “2 + 2” pada 30 Maret untuk pertama kalinya dalam 5 tahun ini.
ADVERTISEMENT
Terkait kerja sama pertahanan, keduanya membahas realisasi kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jepang, melaksanakan dialog military to military, melanjutkan konsultasi kerja sama alutsista dan teknologi guna mengembangkan secara spesifik projek kerja sama.
Kemudian, menyelenggarakan latihan bersama bilateral, mendukung kerja sama dan partisipasi Japan Self-Defense Forces (JSDF) dalam latihan multilateral “Komodo”, dan mempromosikan lebih lanjut kerja sama di bidang High Availability and Disaster Recovery termasuk dalam penanggulangan COVID-19.
Prabowo dan Nobuo Kishi juga membahas situasi di Myanmar dan mengekspresikan keprihatinan yang mendalam atas situasi saat ini. Kedua Menhan menegaskan niat RI dan Jepang untuk bekerja sama secara erat dalam mengatasi masalah ini.