Polantas di Tangerang Minta Sekarung Bawang Ganti Tilang, Berapa Harganya?

3 November 2021 10:59 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bawang putih. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bawang putih. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebuah video yang menggambarkan seorang oknum Polantas yang meminta sekarung bawang putih sebagai ganti tilang kepada sopir truk, viral di media sosial. Dalam video tersebut oknum polisi menolak diberi uang Rp 100 ribu, tapi malah minta sekarung bawang yang diangkut sopir truk. Memang berapa harga sekarung bawang?
ADVERTISEMENT
"Tergantung berapa jumlah (bawang) dalam karung itu, bisa jadi Rp 300 ribu bisa jadi Rp 500 ribu, tergantung ukurannya karungnya berbeda-beda," jelas Abdullah Mansuri, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), kepada kumparan, Rabu (3/11).
Abdullah menjelaskan memang harga bawang sedang mahal, ditambah sebentar lagi akan memasuki musim penghujan. Daerah-daerah penghasil bawang dikhawatirkan mengalami penurunan produksi.
"Karena memang sebentar lagi sudah musim penghujan kita tidak tahu di daerah yang produksi bawang seperti di Cirebon, Nganjuk, Demak, dan seterusnya, dikhawatirkan terjadi perubahan iklim yang ekstrem sehingga mempengaruhi produksi," tambahnya.
Terkait kasus oknum polisi yang meminta sekarung bawang, Abdullah juga berharap hal tersebut tidak terulang kembali.
"Soal oknum polisi kami berharap ini tidak terjadi, kami berharap ada tindakan dari pimpinan. Kami akan pantau kalau memang terjadi kepada pedagang, kami coba telusuri dan kami coba advokasi," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Polda Metro Jaya bergerak cepat menindak Polantas berinisial Aipda PDH yang kedapatan meminta sekarung bawang putih sebagai ganti tilang terhadap sopir truk di Tangerang. Propam kini tengah memeriksa PDH.
Karena perbuatannya itu, PDH ditarik dari tugas sebagai anggota Satlantas Polres Bandara Soetta ke Yanma Polda Metro Jaya. Ini merupakan bagian dari sanksi awal, sambil menunggu keputusan Propam.
Soal polisi minta bawang itu bisa dilihat di unggahan Instagram @romansasopirtruck yang kemudian viral. Dalam unggahan itu terdengar suara kru truk yang meminta maaf pada bosnya karena dia kena tilang dan polisi yang menilangnya menolak diberi Rp 100 ribu, tapi minta sekarung bawang. Dalam video itu juga tampak seorang polisi dan motornya yang telah dimuati sekarung bawang.
ADVERTISEMENT
Netizen dalam unggahan itu juga memperkirakan berapa harga sekarung bawang di pasar, yang pastinya tidak murah.