Polandia Pastikan Negaranya Stabil Meski Ada Perang Rusia-Ukraina

16 Februari 2023 22:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska dalam sesi press-briefing di Kedutaan Besar Polandia di Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2022).  Foto: Aliyya Bunga/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska dalam sesi press-briefing di Kedutaan Besar Polandia di Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2022). Foto: Aliyya Bunga/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Polandia menjadi salah satu negara di Eropa yang mengalami krisis energi, imbas perang antara Rusia dan Ukraina.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, situasi di negara Baltik ini cenderung stabil dan damai sehingga tetap ramah untuk dikunjungi oleh pelancong, salah satunya dari Indonesia.
Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, dalam sesi press-briefing yang digelar di Kedutaan Besar Polandia di Jakarta Pusat, pada Kamis (16/2).
Stoczynska menerangkan, meski situasi di area perbatasan Polandia saat ini bersitegang imbas konflik Rusia-Ukraina, namun hal serupa tidak dialami oleh kota-kota besar di negara itu.
“Saya juga ingin menyampaikan beberapa patah kata tentang situasi yang stabil dan damai, meski adanya agresi Rusia di Ukraina,” ujarnya.
Diplomat senior yang sudah berada di Indonesia sejak 2018 itu mengaku takjub dengan situasi di Polandia saat ini, meski perang di Ukraina sudah memasuki hampir satu tahun.
ADVERTISEMENT
Ketika kembali ke negara asalnya saat Natal, Stoczynska menyaksikan situasi yang normal — seperti tidak terdampak krisis.
“Saya benar-benar terkejut secara positif. Maksud saya, di Warsawa hanya ada situasi normal di mana itu seperti situasi yang damai. Tidak ada dampak yang begitu besar pada situasi ekonomi di Polandia,” jelas dia.
Tentara Polandia membangun pagar kawat berduri di perbatasan Polandia-Rusia di wilayah Oblast Kaliningrad, Zerdziny, Polandia, Kamis, (3/11/2022). Foto: Wojtek Radwanski/AFP
Stoczynska menerangkan, meski sempat diterpa krisis energi tetapi pemerintah Polandia mampu mencari sumber energi lain dari negara-negara mitranya — sekaligus menyadari bahwa penting untuk tidak bergantung pada satu pihak dalam menjalin kerja sama.
“Ada banyak program yang dijalankan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat memindahkan pemasok energi mereka,” kata Stoczynska, seraya menambahkan bahwa telah bekerja sama dengan Norwegia untuk mengatasi krisis ini.
ADVERTISEMENT
Dia pun menyinggung soal impor batu bara dari Indonesia ke Polandia yang turut membantu keberlangsungan perolehan energi alternatif di negara itu.
Stoczynska menekankan prioritas dan kesiapan Polandia untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang perekonomian, bisnis, dan investasi.
“Kami sangat memperhatikan sektor agro agro di sektor maritim, transportasi, sektor energi teknologi hijau, jadi, semua sektor ini dan kami selalu mencari kemungkinan kerja sama dengan mitra kami di Jakarta, tetapi juga di provinsi lain di berbagai sektor,” tutur Stoczynska.
Lebih lanjut, untuk menggencarkan kerja sama di bidang ekonomi tersebut, Stoczynska mengatakan di tahun ini akan ada kunjungan dari berbagai pelaku usaha serta investor asal Polandia untuk berkunjung ke Indonesia — mengeksplor pasar yang ada dan melihat jenis kerja sama apa yang diperlukan.
Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan tempat tinggal yang hancur akibat serangan rudal Rusia di Kramatorsk, Ukraina 2 Februari 2023. Foto: Vyacheslav Madiyevskyy/REUTERS