Pesawatnya Jatuh di Hutan, 4 Bocah Kolombia Ditemukan Selamat Setelah 2 Pekan

18 Mei 2023 5:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kecelakaan pesawat. Foto: Arsel Ozgurdal/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kecelakaan pesawat. Foto: Arsel Ozgurdal/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Empat bocah ditemukan dalam kondisi selamat setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di hutan Amazon, Provinsi Caqueta, Kolombia bagian selatan lebih dari dua pekan lalu. Menurut Presiden Kolombia, Gustavo Petro, keempat anak yang berasal dari masyarakat adat itu sudah berhasil diselamatkan oleh tim gabungan.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, pada 1 Mei 2023 dini hari, sebuah pesawat Cessna 206 yang membawa tujuh orang tiba-tiba mengeluarkan peringatan darurat karena mengalami kerusakan mesin. Saat itu pesawat rute Araracuara, Amazonas-San Jose del Guaviere itu tengah melintas di atas sebuah hutan di Caqueta.
"Setelah pencarian yang sulit oleh tim kami, kami menemukan bahwa keempat anak yang ada di dalam pesawat itu dalam keadaan hidup. Ini adalah sebuah kabar yang menggembirakan bagi negara," kata Petro melalui akun Twitternya, dikutip Kamis (18/5).
Sayangnya, tiga orang dewasa dalam pesawat itu--termasuk seorang pilot--ditemukan tewas di dalam bangkai pesawat.
Berdasarkan informasi awal dari otoritas penerbangan sipil yang ikut dalam misi penyelamatan, entah bagaimana empat anak berusia 13 tahun, 9 tahun, 4 tahun, dan 11 bulan itu berhasil menyelamatkan diri dari pesawat. Keempatnya lalu masuk ke tengah hutan untuk mencari bantuan dan bertahan hidup.
ADVERTISEMENT
Tim penyelamat, yang dibantu anjing pelacak, berhasil mengendus keberadaan mereka setelah menemukan sisa buah-buahan yang dimakan para bocah ini. Selain itu, mereka juga menemukan tempat berlindung yang dibangun dari tumbuh-tumbuhan yang ditumpuk.
Operasi gabungan ini juga melibatkan pesawat dan helikopter milik angkatan darat serta angkatan udara Kolombia. Selain itu, lebih dari 100 tentara dikerahkan dalam misi pencarian dan penyelamatan ini.