Pemprov Aceh Koreksi Data Gugus Tugas COVID-19 yang Sebut Ada 6 Positif Corona

8 April 2020 20:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas medis Puskesmas Ulee Kareng memakai jas hujan plastik sebagai alat pelindung diri (APD) saat melayani pasien di Banda Aceh, Aceh, Rabu (8/4). Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
zoom-in-whitePerbesar
Petugas medis Puskesmas Ulee Kareng memakai jas hujan plastik sebagai alat pelindung diri (APD) saat melayani pasien di Banda Aceh, Aceh, Rabu (8/4). Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Juru bicara COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani memastikan sampai saat ini belum ada penambahan jumlah pasien positif corona di Aceh. Hingga Rabu (8/4) pasien positif di Aceh masih tetap berjumlah lima orang.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Saifullah mengkoreksi data Gugus Tugas Covid-19 Nasional, yang sempat menampilkan data penambahan 1 pasien positif sehingga menjadi 6 orang di Aceh.
“Jumlah kasus Positif COVID-19 Aceh tetap hingga saat ini jumlahnya 5 kasus, bukan 6 kasus,” ujar SAG dalam keterangannya.
Dia mengatakan, pihaknya telah meminta data yang sempat dipublikasikan secara nasional itu untuk dikoreksi. Hasil pemeriksaan swab dan hasilnya positif yang baru diterima Gugus Tugas Covid-19 Aceh, bukan swab pasien baru melainkan swab pasien lama yang diperiksa ketiga kalinya, yaitu pasien berinisial AJ yang sudah lama di rawat di RSUZA Banda Aceh.
SAG menjelaskan dari 5 kasus positif COVID-19 Aceh, 3 orang sudah sehat dan istirahat di rumahnya, 1 orang dalam perawatan RSUZA Banda Aceh, dan 1 kasus lainnya meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
“Kasus meninggal 2 orang tapi, tapi yang positif COVID-19 satu orang, sementara satunya lagi meninggal ketika masih berstatus PDP, dan hasil swabnya negatif,” tegas SAG.
Update terbaru informasi harian terkait COVID-19, yang merupakan akumulasi kasus dicatat dan dilaporkan Gugus Tugas Covid-19 dari 23 kabupaten/kota se Aceh, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Aceh per hari ini jumlahnya 1.304 orang (kasus).
Ada penambahan sebanyak 22 kasus dibandingkan kemarin, 1.282 kasus. Jumlah ODP yang telah selesai proses pemantauannya sebanyak 638 kasus, dan yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 666 kasus.
Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), menurut SAG, per hari ini sebanyak 58 kasus, bertambah 1 kasus dibandingkan kemarin, 57 kasus.
ADVERTISEMENT
Dari jumlah itu, 50 orang sudah sehat dan pulang, 6 pasien masih dirawat di rumah sakit rujukan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk 1 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, di RSUZA Banda Aceh.
“Pasien yang sudah pulang, baik yang PDP maupun yang Positif Covid-19 dan sudah bebas dari virus corona, tetap harus istirahat di rumah hingga sembuh sempurna,” ujar SAG.