Pemerintah: Jauh Lebih Efektif Cuci Tangan Pakai Sabun daripada Hand Sanitizer

25 Maret 2020 16:12 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi mencuci tangan dengan air mengalir Foto: shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi mencuci tangan dengan air mengalir Foto: shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah COVID-19. Juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, menyebut cuci tangan dengan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer.
ADVERTISEMENT
"Yang lebih penting lagi adalah cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif sabun daripada hand sanitizer," ucap Yurianto dalam jumpa pers online, Rabu (25/3).
Dia menyebut cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir dapat membersihkan maksimal tangan dari virus, termasuk sela-sela jari dan kuku dengan efektif.
"Hand sanitizer mungkin hanya telapaknya saja yang bisa dibersihkan, punggung tangan dan sela-sela lebih sering tidak," tuturnya.
Imbauan lain adalah memakai masker bagi yang sakit agar virus tidak menyebar. Kemudian menjaga jarak (physical distancing) dengan orang lain.
"Bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun upayakan jaga jarak," imbaunya.
Dalam jumpa pers itu, Yurianto juga mengumumkan penambahan kasus baru yang angkanya meroket tajam sebanyak 105 orang sehingga total 790 orang positiv COVID-19.
ADVERTISEMENT
Sementara yang sembuh satu orang dan yang meninggal 3 orang.