Pemerintah Geser Cuti Bersama Idul Fitri ke Akhir Tahun

9 April 2020 19:36 WIB
comment
16
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Dalam rangka percepatan penanganan pandemi virus corona atau penyakit COVID-19, pemerintah menggeser cuti bersama di 2020, termasuk cuti bersama Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
"Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait imbauan tidak mudik dan penggantian libur lebaran tahun 2020," ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat memimpin rapat terkait Revisi SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020, Kamis (9/4).
Perubahan ini mengubah Keputusan Bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020, dan Nomor 01 Tahun 2020. Sehingga perubahan ini dituangkan kembali dalam Revisi SKB 3 Menteri Nomor 391 Tahun 2020, Nomor 02 Tahun 2020, dan Nomor 02 Tahun 2020.
Menko PMK Muhadjir Effendy memimpin Rakor Tingkat Menteri tentang pemulangan WNI ABK kapal World Dream di Ruang Rapat Kemenko PMK, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selain itu, Muhadjir meminta masyarakat senantiasa taat terhadap ketentuan yang diatur dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), termasuk tidak mudik. Dikhawatirkan gelombang mudik ini memicu meluasnya penularan virus corona.
ADVERTISEMENT
"Mari kita terapkan protokol kesehatan untuk melawan COVID-19" tegasnya.
Berdasarkan kesepakatan rapat, beberapa perubahan cuti bersama adalah sebagai berikut:
"Pergeseran cuti bersama di akhir tahun dilakukan dengan pertimbangan bahwa COVID-19 insyaallah telah tertangani dengan baik. Selain itu akhir tahun anak-anak libur sekolah. Keluarga juga punya waktu cukup untuk merencanakan liburannya," ungkap Muhadjir.
Ilustrasi kalender Foto: Shutterstock
Pemerintah akan membatasi mobilitas antar provinsi dan diprioritaskan untuk distribusi logistik dan keperluan medis selama Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
Rapat ini diikuti sejumlah menteri secara video conference, mulai dari Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menpan RB Tjahjo Kumolo, Menaker Ida Fauziyah, Menag Fachrul Razi, Menparekraf Wishnutama, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Kapolri Idham Azis, hingga perwakilan kementerian/lembaga terkait lainnya.
Infografis Jangan Mudik saat wabah corona. Foto: Kiagoos Aulianshah/kumparan
-----------------------------------------
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!