PBI dan Partai Pandu Bangsa Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU

14 Agustus 2022 19:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketum Partai Bhinneka Indonesia (PBI) Nurdin Purnomo di Kantor KPU. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketum Partai Bhinneka Indonesia (PBI) Nurdin Purnomo di Kantor KPU. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KPU masih membuka proses pendaftaran bakal calon partai politik peserta Pemilu 2024. Pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/8), total ada 10 parpol yang mendaftar salah satunya Partai Bhinneka Indonesia (PBI).
ADVERTISEMENT
Ketua Umum PBI, Nurdin Purnomo, menyatakan partainya jauh lebih siap dibanding Pemilu 2019. Sebab PBI bukan lagi partai baru ketimbang beberapa partai nonparlemen lainnya.
"Kesiapannya seperti biasa untuk ya tahun ini lebih lengkap persiapannya, SIPOL juga lebih baik. Sistemnya semua bisa berjalan dengan baik. Sehingga partai-partai ini berusaha untuk memenuhi syarat yang ditetapkan di dalam ketentuan di dalam Sipol itu," ujar Nurdin kepada wartawan di Kantor KPU RI.
"Iya, kita memang karena bukan partai baru. Ya selama ini sekian tahun juga kita membina terus untuk hubungan kita dan berkembang walaupun lambat tapi dengan berkembang terus sampai ke tingkat ke kecamatan. Ranting-ranting kita juga semua masih eksis," sambungnya.
PBI didirikan pada 1 Juni 1998 dengan nama Partai Bhinneka Tunggal Ika Indonesia. Kemudian berubah nama menjadi Partai Bhinneka Indonesia pada 17 Desember 2002. Partai ini mendaftar pada Pemilihan umum legislatif Indonesia 2004, 2009, 2014 dan 2019 namun tidak lolos verifikasi.
ADVERTISEMENT
Meski bukan partai besar, PBI memiliki target besar khusus pada pemilu Tahun 2024. Tak main-main, mereka menargetkan 4 persen suara.
"Kita harapkan begitu. Kalau bisa yah 4 persen yang ditetapkan atau mungkin lebih sedikit ya bisa menjadi partai politik yang parlementer yah. Menjadi nonparlementer percuma juga," ucap Nurdin.
"Optimis lah. Karena sudah ada angkanya di sana ya berapa persen, berapa persen. Jadi sudah suatu angka yang dinilai oleh komputer jadi tidak main-main gitu," sambungnya.
Ketum Partai Pandu Bangsa (PPB) Widyanto Kurniawan di Kantor KPU RI. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Senada dengan PBI, Partai Pandu Bangsa (PPB) memiliki tujuan yang sama pada Pemilu 2024. Partainya telah mendaftarkan lebih dari 200 ribu Kartu Tanda Anggota (KTA). Ketum PPB, Widyanto Kurniawan, optimis dapat berbicara banyak di Pemilu 2024.
ADVERTISEMENT
"Harapan jikalau tuhan mengizinkan kami akan mewarnai demokrasi Indonesia dengan anak-anak muda berkarakter kebangsaan. [kami harap bisa] Lolos verifikasi," kata Widyanto.
"Insyallah [berkas kita] lengkap, mari kita sama-sama berharap cermati amati dan informasikan ketika terjadi apa pun yang berkaitan dengan demokrasi di depannya," pungkasnya.
PPB dan PBI menjadi partai ke-33 dan 34 yang mendaftarkan diri ke KPU.
Namun masih ada beberapa partai lain yang akan mendaftar, yakni Partai Damai Kasih Bangsa (PDKB); Partai Republik Satu; Partai Pemersatu Bangsa; Partai Masyumi; Partai Pergerakan Kebangkitan Desa (Perkasa); Partai Kedaulatan; dan Partai Rakyat.