OTT Pupuk Indonesia, KPK Sita Puluhan Kardus Berisi Uang

28 Maret 2019 16:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kasus KPK Foto: Basith Subastian/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kasus KPK Foto: Basith Subastian/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KPK menemukan puluhan kardus berisi uang di salah satu lokasi di Jakarta. Uang tersebut ditemukan dalam rangkaian operasi tangkap tangan (OTT) direksi PT Pupuk Indonesia terkait dugaan suap pengiriman pupuk
ADVERTISEMENT
"Dalam proses berjalan, KPK menemukan puluhan kardus berisi uang di salah satu lokasi di Jakarta," kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Kamis (28/3).
"Uang-uang tersebut kami amankan karena diduga terkait dengan pokok perkara," sambungnya.
KPK belum merinci lokasi ditemukannya uang tersebut. Begitu juga total uang yang diamankan. Informasi tersebut, kata Febri, akan disampaikan dalam konferensi pers malam nanti.
"Hasil dari OTT kemarin akan disampaikan malam ini melalui konferensi pers di KPK," pungkasnya.
Dalam OTT yang dilakukan pada Rabu hingga Kamis (28/3) dini hari itu, KPK berhasil mengamankan setidaknya 8 orang dalam dugaan transaksi suap ini. Dua di antaranya yang diamankan adalah Anggota DPR RI Komisi VI Bowo Sidik Pangarso dan dari direksi Pupuk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain mengamankan total 8 orang, penyidik pun turut mengamankan uang yang terdiri dari pecahan mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat. KPK menduga uang itu terkait dugaan suap distribusi pupuk menggunakan kapal.