Nasib Sial Emmanuel Macron, 2 Kali Dilempar Telur dan Sekali Ditampar

9 Juni 2021 19:00 WIB
·
waktu baca 2 menit

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Presiden Prancis Emmanuel Macron ditampar oleh anggota masyarakat selama kunjungan di Tain-L'Hermitage, Prancis, Selasa (8/6). Foto: BFMTV/ReutersTV via REUTERS
Presiden Prancis Emmanuel Macron ditampar oleh anggota masyarakat selama kunjungan di Tain-L'Hermitage, Prancis, Selasa (8/6). Foto: BFMTV/ReutersTV via REUTERS
ADVERTISEMENT

Penamparan pada Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bukan aksi kekerasan yang pertama yang dilakukan warga pada dirinya. Bahkan, sebelum ia menjabat sebagai presiden, Macron sudah mengalami kejadian tak mengenakkan oleh tangan-tangan jahil rakyat Prancis.

ADVERTISEMENT

Emmanuel Macron pernah merasakan pahitnya dua kali dilempari telur dan sekali ditampar di depan umum, tiga kejadian nahas yang cukup memalukan bagi seorang tokoh masyarakat populer di Prancis.

2016, Dilempari Telur oleh Serikat Buruh

Emmanuel Macron, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Perekonomian Prancis, dilempari telur oleh Serikat Buruh CGT pada 6 Juni 2016 lalu.

Dikutip dari Reuters, telur tersebut pecah tepat di kepala Macron. Saat itu, ia tengah mengunjungi sebuah kantor pos di Montreuil, Kota Paris, untuk meluncurkan prangko peringatan 80 tahun pemerintahan “Popular Front”, sebuah parlemen yang memberikan hak-hak baru pada buruh di Prancis.

Macron saat itu memperjuangkan reformasi ekonomi di Prancis. Tetapi, tak sedikit dari mereka yang menolak perubahan yang dicanangkan olehnya.

ADVERTISEMENT

“Kejadian ini tak menyenangkan, tetapi juga tak akan berdampak apa-apa terhadap pendirian saya,” tegas Macron setelah serangan telur itu terjadi.

2017, Kembali Dilempari Telur

2 Maret 2017, Emmanuel Macron tengah mencalonkan diri sebagai Presiden Prancis. Dirinya memenangkan hati rakyat, tetapi sebagai seorang tokoh masyarakat, tentu saja ada yang tak menyukainya.

Oknum tersebut mengekspresikan kebenciannya dengan melempar telur ke kepala Macron. Ini adalah kali kedua kepalanya dihajar telur.

Dikutip dari Associated Press, insiden bermula saat Macron mengunjungi festival peternakan Paris. Acara itu diketahui adalah acara yang tak mungkin dilewatkan oleh para calon Presiden Prancis.

Saat itulah, seseorang melempar telur ke arah bagian belakang kepala Macron. Usai kejadian, ia mencoba tetap tenang dan membawa diri.

ADVERTISEMENT

“Kami menyarankan solusi, kita bisa membicarakan hal tersebut. Kita bisa saling tak setuju dan bahkan beberapa orang mungkin akan melempari Anda dengan telur. Ini adalah bagian dari kehidupan politik Prancis. Selalu seperti ini,” kata Presiden penganut sentrisme ini.

2021, Ditampar Pria Tak Dikenal di Publik

Kejadian tak menyenangkan didapat Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Dia ditampar seorang pria saat berkunjung ke tenggara Prancis pada Selasa (8/6).

Kejadian bermula saat Macron menghampiri sekumpulan orang yang menyambut kedatangannya. Tak diduga, seorang pria langsung menampar wajah kepala negara Prancis tersebut.

Presiden Prancis Emmanuel Macron buka suara sesuai menjadi korban tamparan seorang pria gondrong. Dia mengaku baik-baik saja setelah jadi korban tamparan warga.

"Kita harus melihat insiden ini dalam sebuah perspektif bahwa ini adalah insiden tunggal," kata Macron seperti dikutip dari Reuters.

ADVERTISEMENT

"Kita juga tak boleh biarkan orang-orang pelaku tindak kekerasan ini masuk ke area debat publik, mereka tak pantas," sambung dia.