Minneapolis Rugi Rp 766 Miliar Usai Kerusuhan Buntut Kematian George Floyd

5 Juni 2020 17:32 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kerusuhan di Minneapolis, Amerika Serikat, akibat pembunuhan George Floyd oleh polisi. Foto: Reuters/Adam Bettcher
zoom-in-whitePerbesar
Kerusuhan di Minneapolis, Amerika Serikat, akibat pembunuhan George Floyd oleh polisi. Foto: Reuters/Adam Bettcher
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minneapolis menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang dihantam demonstrasi besar-besaran buntut tewasnya George Floyd. Aksi massa itu juga diwarnai pembakaran sejumlah bangunan serta penjarahan toko.
ADVERTISEMENT
Sepekan lebih sejak peristiwa kelam itu, Gubernur Minneapolis Jacob Frey mengungkapkan kerugian kotanya mencapai USD 55 juta atau setara Rp 766 miliar. Sedikitnya, 220 bangunan dibakar massa, sementara belum diketahui jumlah toko yang dijarah.
Frey kini meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk kembali membangun kotanya. Apalagi, estimasi kerugian tersebut diperkirakan bisa terus bertambah seiring dengan gelombang protes yang belum berhenti hingga kini.
“Kami sangat membutuhkan banyak dana,” ujar Frey seperti dikutip New York Post, Jumat (5/6).
Sejumlah pihak telah membuka donasi yang dikumpulkan dari para warga. Yayasan setempat, the West Broadway Business and Area Coalition, dilaporkan telah mengumpulkan sumbangan sebesar USD 1 juta (Rp 13 miliar) yang ditujukan untuk area bisnis di utara Minneapolis yang terdampak paling parah dari kerusuhan.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sejumlah toko telah kembali dibuka meski baru saja mengalami kerugian besar akibat penjarahan. Minneapolis kini lebih terkendali setelah pekan lalu berubah bak medan perang.
Warga menjarah supermarket saat terjadi rotes kematian George Floyd, di dekat kantor polisi Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Foto: Reuters/NICHOLAS PFOSI
Pada Kamis (4/6) waktu setempat, ratusan orang berkumpul di kota terbesar di Minnesota itu untuk memperingati kematian Floyd. Hadir pula dalam acara itu aktivis Alfred Charles Sharpton Jr.
“Saya ingin kita duduk di sini seolah-olah sedang menghadiri pemakaman. George Floyd meninggal dunia bukan karena masalah kesehatan. Dia wafat karena malpraktik hukum yang biasa terjadi di AS,” ucap Sharpton.
Suasana upacara peringatan kematian George Floyd di Minneapolis, Minnesota, AS, Kamis (4/6). Foto: REUTERS / Nicholas Pfosi
Pihak keluarga berencana memakamkan George Floyd di kampung halamannya, Houston, pada 9 Juni mendatang. Floyd meninggalkan seorang kekasih dan anak perempuan berusia 6 tahun.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.