Menlu Retno Sambangi Gedung Putih, Dapat Bantuan Corona Setara Rp 430 Miliar

3 Agustus 2021 10:51 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menlu Retno Marsudi tiba di Amerika Serikat Foto: Twitter Kementerian Luar Negeri RI
zoom-in-whitePerbesar
Menlu Retno Marsudi tiba di Amerika Serikat Foto: Twitter Kementerian Luar Negeri RI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA), Jake Sullivan. Pertemuan di Gedung Putih pada Senin (2/8/2021) membahas soal bantuan penanganan corona.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan itu, Sullivan menyampaikan komitmen tambahan bantuan sebesar USD 30 juta atau setara Rp 430 miliar dari Pemerintah AS untuk Indonesia. Bantuan akan dipakai untuk menangani pandemi virus corona.
"(Bantuan) berupa pasokan peralatan oksigen, alat kesehatan, dan obat-obatan," ungkap Kemlu RI dalam pernyataan pers, Selasa (3/8).
Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional AS bersama Presiden Joe Biden. Foto: Evelyn Hockstein/Reuters
Kemlu menjelaskan, dengan tambahan komitmen berupa USD 30 juta, maka total bantuan AS ke Indonesia sejak awal pandemi COVID-19 mencapai USD 65 juta atau setara Rp 933 miliar.
Selain tersebut, AS telah memberikan vaksin Moderna kepada Indonesia. Vaksin itu diserahkan kepada RI melalui Covax Facility.
Petugas Kepolisian berjaga saat bongkar muat vaksin COVID-19 Moderna batuan dari AS di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Total jumlah bantuan vaksin Moderna dari AS kepada Indonesia mencapai 8.000.160 dosis lewat tiga kali pengiriman. Pengiriman ketiga sebanyak 3,5 juta dosis diterima pada Minggu, 1 Agustus 2021.
ADVERTISEMENT
Menlu Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke AS atas undangan Menlu Antony Blinken.