Megawati, Orang Terakhir yang Dikabari Sukmawati saat Mau Pindah ke Agama Hindu

26 Oktober 2021 20:18 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sukmawati di Sukarno Center, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Sukmawati di Sukarno Center, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sukmawati Soekarnoputri menegaskan telah meminta restu kepada seluruh keluarganya untuk pindah agama dari Islam ke Hindu. Seluruh keluarga menerima dan mengerti keinginannya.
ADVERTISEMENT
Namun, Megawati Soekarnoputri menjadi orang terakhir yang dikabari oleh Sukmawati. Kabar itu sekaligus izin yang Sukmawati tulis melalui surat. Sebab Megawati selalu sibuk dan parno (bahasa slang paranoid) dengan COVID-19.
"Yang terakhir Ibu Mega (Megawati Soekarnoputri), saya bersurat karena Ibu Mega ini agak sulit ditemui. Menutup diri karena parno-lah sama COVID-19 ini. Saya tulis surat bilang, "Permisi saya mau memberi tahu bahwa saya pindah agama kembali ke agamanya Eyang Putri, gitu," kata Sukmawati di Sukarno Center, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa (26/10).
Sukmawati pamit pertama kali kepada Muhammad Guntur Soekarnoputra lalu kepada Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.
"Pertama ke Mas Guntur, abang saya. 'Mas, saya mau pindah agamalah jadi Hindu'. Kemudian kepada Guruh, saya juga bilang. Semua, sih, bilang silakan saja. Itu kan pilihan pribadi masing-masing," kata Sukma menirukan ucapan saudaranya.
ADVERTISEMENT
Sukma merupakan anak nomor empat dari lima anak pasangan Sukarno-Fatmawati. Dia merupakan kakak dari Guruh.
Acara sudi wadani yg dilakukan Ibu Sukmawati Sukarno ditemani oleh putra beliau, Muhammad Putera Sukarno 25 Okt 2021 sore di Pantai Utara Buleleng. Foto: Dok. Dr Arya Wedakarna - President The Sukarno Center
Terakhir, Sukma pamit kepada tiga anaknya, Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati, dan Muhammad Putra Perwira Utama. Mereka menyetujui perpindahan agama Sukmawati.
"Anak dulu, saya belum bilang lbu Mega," kata Sukma.
Ia menegaskan, baik saudara dan saudari serta anaknya tidak menolak keinginan Sukmawati untuk pindah agama.
"Jadi enggak ada penolakan dan semuanya bisa dimengerti," kata dia.
=====
Jangan lewatkan informasi seputar Festival UMKM 2021 kumparan dengan mengakses laman festivalumkm.com. Di sini kamu bisa mengakses informasi terkait rangkaian kemeriahan Festival UMKM 2021 kumparan, yang tentunya berguna bagi para calon dan pelaku UMKM.
ADVERTISEMENT