Masjid Raya Baiturrahman Akan Jadi Lokasi Vaksinasi Massal di Aceh pada April

24 Maret 2021 13:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelataran Masjid Raya Baiturrahman, Aceh.  Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pelataran Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan pada April nanti masjid-masjid di Indonesia akan difungsikan sebagai tempat vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat jauh lebih mudah untuk mengikuti program vaksinasi.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar, telah mengikuti rapat koordinasi tentang lokasi pelaksanaan vaksinasi warga yang bakal dilaksanakan di masjid.
Khususnya di Aceh, Masjid Baiturrahman Aceh akan menjadi masjid pertama untuk pelaksanaan vaksinasi massal yang dimulai pada April 2021.
“Kita sudah melakukan rapat perdana kemarin secara online, dan sudah disepakati untuk Aceh itu launchingnya di Masjid Raya Baiturrahman pada bulan Ramadhan nanti,” kata Alidar saat dikonfirmasi kumparan Rabu (24/3).
Alidar menyebutkan, Masjid Baiturrahman akan menjadi lokasi vaksinasi yang diikuti oleh masyarakat secara umum. Menurut Alidar, nantinya pihak terkait akan melakukan pendataan siapa saja warga yang akan disuntik vaksin.
“Kemungkinan nanti akan didata dulu apa pedagang pasar atau masyarakat umum lainnya,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Namun demikian, kata Alidar, dirinya belum mengetahui menyangkut tanggal pelaksanaannya. Sebab, nantinya bakal ada rapat lanjutan membahas terkait jadwal launching vaksinasi tersebut.
Selain itu, sebut Alidar, menyangkut dengan persiapan pihaknya telah mengadakan rapat dengan imam besar atau majelis imam Masjid Baiturrahman.
Personel kepolisian Polda Aceh melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (20/3). Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Sementara ini, lokasi yang telah ditentukan adalah Masjid Baiturrahman di Banda Aceh. Selanjutnya, usai launching bakal diikuti oleh masjid agung di setiap kabupaten/kota di Aceh.
“Insyaallah tidak ada masalah untuk penggunaan masjid raya sebagai tempat vaksin. Untuk hal-hal lain terkait apakah vaksin dibolehkan saat Ramadhan, itu adalah ranah MPU,” tutur Alidar.
“Untuk persiapan teknis lainnya itu sektor Dinas Kesehatan bersama dengan Pemerintah Kota atau Dinkes Kota Banda Aceh. Jadi, kita hanya soal tempat saja di Masjid Raya Baiturrahman,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Alidar menyebutkan, direncanakan nantinya Ketum DMI Pusat Jusuf Kalla bakal ke Aceh untuk menghadiri launching pertama di Masjid Raya Baiturrahman.
“Katanya diusahakan hadir ketika launching di Aceh. DMI pusat sudah mengatakan seperti itu, mereka akan mengusahakan Pak JK hadir,” pungkas Alidar.