Masinton: Ide 3 Periode Harus Dilawan, Mahasiswa Tinggalkan Buku, Turun ke Jalan

12 Juni 2022 16:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
8
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengajak semua pihak untuk menolak wacana tiga periode Jokowi. Wacana ini hingga sekarang terus digaungkan di ruang publik oleh beberapa pihak.
ADVERTISEMENT
Projo terus menggalakkan Jokowi tiga periode, di HUT ke-50 HIPMI kemarin sejumlah kader juga meneriakkan ‘lanjutkan’ kepada Jokowi.
“Reformasi tahun 97 puncaknya 98 dengan segenap pengorbanan bisa bahkan raga jadi kalau datang dari kekuasaan ide tiga periode itu benar-benar itu tidak mengerti reformasi dan demokrasi,” kata Masinton dalam sebuah diskusi publik bertajuk ‘Bangkit dari Kubur Jokowi 3 Periode’ di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (12/6)
Menurut Masinton ide 3 periode harus dilawan, semua pihak termasuk mahasiswa dan pemuda harus turun ke jalan.
“Maka kita harus lawan, ide tiga periode ini harus kita lawan kawan-kawan mahasiwa, anak-anak muda, keluar ke jalan, tinggalkan buku tinggalkan tas turun ke jalan,” ujar Masinton yang juga Eks Aktivis 98 ini.
ADVERTISEMENT
“Anak-anak muda yang di dalam gang tinggalkan sejenak turun ke jalan kaum profesional yang hilir mudik di jalan turun hentikan kendaraan sejenak dan bunyikan klakson dan tolak kekuasaan absolute tiga periode,” tegas Masinton.
Lebih jauh, legislator dapil Jakarta ini menekankan, tidak ada kekuasaan yang semena-mana. Menurutnya, harus ada kepastian kepada generasi yang akan datang dalam mengelola negara.
“Kalau sekarang minta tiga periode apa ada jaminan nanti enggak akan minta 4 periode beri kepastian maka kita harus berikan kepastian baik generasi saat ini maupun yang akan datang Penuhi jalanan bila 3 periode dipaksakan. Sudah jelas rambu-rabu itu. Kalau datang sari kekuasaan, itu dan dikemas dalam aspirasi itu bukan aspirasi, itu tirani,” beber Masinton.
ADVERTISEMENT
Siapa pihak yang menginginkan 3 Periode Jokowi itu, apakah Luhut? Masinton tak mau mengungkap nama.
“Saya enggak mau nyebut orang tapi kalau ada yang mau tiga periode itu berwatak tirani,” ungkap Masinton.
Sementara itu, Bendum Projo Panel Barus tak sependapat dengan wacana tiga periode, ia pribadi menilai penambahan masa jabatan 2,5 tahun lebih ideal.
“Menurut saya, tiga periode ini kalau saya analogikan sebagai api ini apinya mau mati, buat masak telor pun enggak matang. sebagai sebuah kemungkinan politik, menurut saya yang lebih masuk akal bukan 3 periode, tapi 2,5 periode, mekanisme 2,5 periode artinya nambah. itu lebih mungkin, energinya lebih ada,” ujar Panel.