Makkah Menghijau Bikin Terkesima Jemaah Umrah Indonesia

9 Januari 2023 8:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
22
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pegunungan Makkah tampak hijau akibat hujan. Pemandangan Januari 2023 Foto: Dok. Abdullah Al-Salami via Twitter @MakkahRegion
zoom-in-whitePerbesar
Pegunungan Makkah tampak hijau akibat hujan. Pemandangan Januari 2023 Foto: Dok. Abdullah Al-Salami via Twitter @MakkahRegion
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejumlah jemaah umrah Indonesia kaget sekaligus terkesima atas pemandangan yang tak biasa saat melintasi rute Madinah ke Makkah dan sebaliknya — dua kota suci di Arab Saudi yang dikunjungi jemaah umrah, keduanya berjarak 450 km.
ADVERTISEMENT
Sebab, suasana gersang yang biasa terlihat kini berganti dengan pemandangan hijau. Pemandangan yang langka.
Aiko, warga Bintaro, Jakarta Selatan, yang mengambil paket umrah akhir tahun, menceritakan, saat dia menunaikan umrah pada bulan Ramadhan sekitar April 2022, pemandangan tampak berwarna cokelat, khas warna daerah gersang beriklim gurun atau semigurun.
Tapi, saat umrah menjelang pergantian tahun 2023, dia menemukan pemandangan berbeda, warna cokelat berubah jadi hijau.
“Pemandangan dari bus Makkah tampak menghijau,” ujarnya kepada kumparan, Senin (9/1).
Pemandangan Januari 2023. Unta berjalan di kawasan Makkah yang menghijau Foto: Dok. Abdullah Al-Salami via Twitter @MakkahRegion
Pemandangan hijau itu berlanjut hingga kini. Foto-foto yang menampakkan pegunungan hijau, bahkan tampak beberapa unta yang berjalan, viral di media sosial.
Tak sedikit netizen yang mempertanyakan kebenaran pemandangan hijau di jalur Makkah tersebut —mengingat belum lama ini muncul video hoaks hujan salju di Makkah.
ADVERTISEMENT
Netizen lainnya menjawab bahwa foto-video yang beredar adalah benar alias bukan hoaks. Tak sedikit pula yang mengkaitkannya dengan hadis Nabi Muhammad SAW tentang tanda-tanda hari kiamat.
Otoritas pemerintah Makkah juga mengunggah video pemandangan hijau di wilayahnya. Mereka menegaskan bahwa tanaman hijau itu tumbuh karena hujan yang mengguyur belakangan ini.
“Pegunungan Makkah diselimuti tanaman hijau setelah hujan baru-baru ini,” tulis mereka.
Hujan memang sering turun di Makkah sejak akhir 2022 hingga saat ini. Bahkan, hujan pernah memicu banjir bandang pada 23 Desember 2022, menyeret puluhan mobil, dan berakhir dengan mobil yang saling bertumpukan.
Dampak banjir bandang di Makkah, Arab Saudi, Jumat 23 Desember 2023. Foto: Dok. Istimewa
Hingga hari ini, cuaca hujan deras masih mengintai Makkah.Sekolah tatap muka bahkan ditiadakan, berganti dengan sekolah online hingga Senin (9/1) ini.
ADVERTISEMENT
Sekolah online sedikitnya telah diterapkan selama seminggu di Makkah dan kota-kota lainnya di Arab Saudi akibat hujan deras.
Suasana hujan deras di Masjidil Haram, Makkah, Senin (2/1/2022). Foto: Dok. gph.gov.sa
Meskipun hujan sering turun, tapi ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah, dan ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah, jalan terus tanpa gangguan.