Kunci Agar Tak Boros Saat Ramadan

28 April 2017 15:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Uang pecahan 50 ribu rupiah lama (Foto: Sigid Kurniawan/antara foto)
Sebentar lagi umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Bulan di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh atau menahan tidak makan dan minum dari sejak terbit hingga terbenamnya matahari.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menahan untuk tidak makan dan minum. Menurut Perencana Keuangan Ahmad Gozali, di bulan Ramadan kita juga harus bisa menahan hawa nafsu untuk belanja alias tidak boros.
Gozali menyebutkan, biasanya pada bulan Ramadan banyak pengeluaran yang tidak rutin dalam jumlah besar yang menyebabkan seseorang lebih boros.
"Selain ujian tidak makan dan minum, juga ujian untuk tidak berlebihan saat sudah berbuka," kata Gozali saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Kamis (27/4).
Bank Indonesia mengeluarkan desain mata uang terbaru (Foto: Fanny Kusumawardhani)
Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Sehingga wajar jika banyak yang tengah mempersiapkan diri baik dari segi material atau finansial untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan ini.
Bagi Gozali agar tidak konsumtif saat di bulan Ramadan, tentunya kita perlu memahami esensi dari puasa itu sendiri. Menurutnya, puasa adalah menunda kesenangan, dengan memahami makna seperti itu seseorang bisa menahan diri untuk tidak berlaku berlebihan.
ADVERTISEMENT
Menurut Gozali, biasanya sifat berlebihan itu muncul saat berbuka puasa. Agar tidak berlebihan saat berbuka bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: pertama, kita bisa merencanakan menu berbuka bersama keluarga. Berbuka bersama keluarga di rumah dibanding di luar tentu akan menghemat pengeluaran.
Cara yang kedua yaitu mengikuti sunah Rasul. Gozali berujar, buka puasa cukup dengan air dan kurma saja sebetulnya sudah cukup seperti yang diajarkan oleh Rasulullah.
"Kurma dan air sudah cukup, makan malam juga seperti biasa saja," jelasnya.
Tak hanya itu, kata Gozali, agar tidak terjadi perilaku boros saat puasa selain tidak berlebihan saat berbuka, kita juga dituntut untuk menjaga pengeluaran yang tidak rutin.
"Hindari belanja besar saat sedang berpuasa," pungkasnya.
ADVERTISEMENT