Khofifah Kenang Gus Sholah: Paket Lengkap Negarawan

2 Februari 2020 22:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Gus Sholah. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Gus Sholah. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabar duka datang dari pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH. Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah. Adik Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini tutup usia di usia 77 tahun.
ADVERTISEMENT
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa mendalam atas wafatnya Gus Sholah.
"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh masyarakat Jawa Timur, saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa," ujar Khofifah di Surabaya, Minggu (2/2).
"Semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, menerima semua amal ibadahnya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah," lanjut Khofifah.
Khofifah menyebut, Gus Sholah sebagai putra bangsa dengan paket lengkap. Mendiang adalah ulama, guru, aktivis sekaligus politikus. Khofifah yakin cucu pendiri NU itu khusnul khatimah dalam wafatnya.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Gus Sholah. Foto: Dok. Istimewa
"Gus Sholah adalah salah satu putra terbaik bangsa. Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan. Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia," jelas Khofifah.
ADVERTISEMENT
Kondisi Gus Sholah diketahui terus menurun usai menjalani operasi jantung. Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang jantung.
Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942. Gus Sholah wafat Minggu, sekitar pukul 20.55 WIB di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.