Ketua DPR Targetkan Proses Seleksi Pimpinan KPK Dimulai Juni

13 Mei 2019 19:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Foto: Dok. Kemenpar
zoom-in-whitePerbesar
com-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Foto: Dok. Kemenpar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung langkah pemerintah untuk segera menetapkan SK pembentukan panitia seleksi KPK. Sebab, periode pimpinan KPK 2015-2019 akan habis pada Oktober tahun ini.
ADVERTISEMENT
Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menilai, pembentukan Pansel KPK perlu segera agar bulan Juni pemilihan calon pimpinan KPK sudah bisa dimulai.
“Soal pansel ya kami sependapat bahwa memang sebaiknya segera menetapkan SK pembentukan pansel. Supaya Juni ini sudah bisa dilakukan pemilihan di tingkat pansel dan kemudian 10 nama diserahkan ke kami di DPR,” kata Bamsoet di kediaman dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Senopati, Jakarta Selatan, Senin (13/5).
“Sehingga sebelum berakhir jabatan Oktober nanti, September kita sudah bisa selesaikan calon pimpinan KPK yang baru,” imbuhnya.
Di lokasi yang sama, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pansel KPK akan ditetapkan pada minggu ini.
“Insyallah minggu ini sudah ditanda-tangani. Baru digodog, banyak nama sudah masuk dan tinggal kita putuskan,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian, Jokowi mengatakan, beberapa nama kandidat pansel KPK sudah masuk dan masih dalam proses pengkajian. Nama-nama itu berasal dari berbagai latar belakang.
“(Sudah masuk) dari banyak kita, Satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu satu persatu kita lihat ya minggu ini kita akan tandatangani. Ada dari akademisi ada dari praktisi ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung,” tutupnya.