Kawasan Sanur di Denpasar Masuk Zona Hijau untuk Pariwisata Internasional Bali

9 Maret 2021 14:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana di Pantai Sanur, Bali, Minggu (2/8).  Foto: Denita BR Matondang/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Suasana di Pantai Sanur, Bali, Minggu (2/8). Foto: Denita BR Matondang/kumparan
ADVERTISEMENT
Gubernur Bali Wayan Koster menambah jumlah kawasan zona hijau atau bebas virus corona untuk mempersiapkan pembukaan pariwisata internasional pada 2022. Wisatawan nantinya diharapkan dapat berwisata dengan nyaman di zona hijau Bali.
ADVERTISEMENT
Kawasan tersebut adalah kawasan Sanur yang terletak di Kota Denpasar. Sebelumnya, kawasan yang disiapkan sebagai zona hijau atau free COVID-19 Corridor (FCC) adalah Kawasan ITDC, Nusa Dua, Kabupaten Badung dan Ubud, Kabupaten Gianyar.
“Akan dilakukan treatment secara khusus di tiga kawasan tersebut sehingga zona hijaunya terjaga dan sebagai destinasi wisata sehingga pemerintah pusat bisa melakukan kerja sama dengan negara lain dalam kaitan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” kata Koster, Selasa (9/3).
Saat ini, Pemprov Bali bersama masing-masing pejabat kabupaten daerah sedang mendata jumlah penduduk di kawasan tersebut. Nantinya, seluruh penduduk akan diprioritaskan mendapatkan vaksinasi corona.
“Kita berharap tentu saja kepariwisataan di Bali secara bertahap itu akan pulih termasuk upaya pemulihan ekonomi di Bali yang sangat parah,” kata dia.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Koster mengatakan, Ubud memiliki sekitar 50 ribu penduduk lokal dan pekerja pariwisata. Sedangkan, ITDC ada sekitar 10 ribu pekerja pariwisata. Dua wilayah ini membutuhkan sekitar 120 ribu dosis vaksin untuk memulai FCC.