Kapolri Lantik Idham Azis Jadi Kabareskrim, Gantikan Arief Sulistyanto

24 Januari 2019 9:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana saat Kapolri Tito Karnavian menaikkan pangkat Idham Azis menjadi Komisari Jenderal (Komjen) Polisi. (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana saat Kapolri Tito Karnavian menaikkan pangkat Idham Azis menjadi Komisari Jenderal (Komjen) Polisi. (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan sejumlah pejabat Polri. Sertijab termasuk menaikkan pangkat Irjen Pol Idham Azis menjadi Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Arief Sulistyanto.
ADVERTISEMENT
Upacara sertijab dimulai sekitar pukul 08.00 WIB di Rupatama Mabes Polri sekitar pukul 08.00 WIB. Sertijab diikuti oleh Komjen Arief Sulistyanto, Komjen Lutfi Lubihanto, Komjen Unggung Cahyono, Irjen Pol Rudi Sufahriadi, Irjen Pol Deden Juhara, Irjen Gato P Edy, Irjen Pol Umar Septono, Irjen Pol Hamidin, dan Irjen Ilham Salahuddin.
“Bahwa saya mengutamakan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri. Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, nepotisme, dan kolusi,” kata Tito lalu diikuti peserta sertijab di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).
Sebelumnya, keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat telegram ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.
ADVERTISEMENT
Untuk posisi Kapolda Metro Jaya akan dijabat Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri. Posisi Asrena selanjutnya akan diisi oleh Irjen Agung Sabar Santoso.
Komjen Arief akan mengisi jabatan yang sebentar lagi ditinggalkan Komjen Unggung Cahyono. Unggung mendapat amanah menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), yang akan ditinggalkan Komjen Lutfi Lubihanto dalam rangka memasuki masa pensiun.
Berikut ini jabatan baru Kapolda hingga Dankor Brimob yang dilantik:
1. Irjen Pol Gatot Edy menjabat Kapolda Metro Jaya gantikan Komjen Idham Azis.
2. Irjen Pol Hamidin menjabat Kapolda Sulawesi Selatan menggantikan Irjen Umar Saptono yang naik menjabat Wairmasum.
3. Irjan Salahuddin menjabat Dankor Brimob gantikan Irjen Rudy Sufahriadi.
ADVERTISEMENT
4. Brigjen Supratman menjabat Kapolda Bengkulu.
5. Brigjen Surtono menjabat Kapolda Maluku.