Jokowi Minta BPIP Rancang Pelajaran Pancasila untuk SD hingga SMA

22 Maret 2018 20:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jokowi bertemu dengan BPIP di Istana Merdeka. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Jokowi bertemu dengan BPIP di Istana Merdeka. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Presiden Joko Widodo membahas upaya penguatan nilai-nilai Pancasila di lingkup pendidikan dalam pertemuan dengan anggota Badan Pemantapan Ideologi Pancasila (BPIP). Jokowi ingin BPIP merancang pelajaran Pancasila di sekolah-sekolah.
ADVERTISEMENT
Anggota BPIP Ma'ruf Amin menyebut pelajaran Pancasila yang diinginkan Jokowi diharapkan dapat menyasar siswa SD hingga SMA.
"Ya Presiden minta lebih besar lagi menyiapkan untuk pendidikan. Bagaimana mereka anak-anak, bisa Pancasila dari SD, SMP, SMA, ada pelajaran Pancasila yang dibuat oleh BPIP," kata Ma'ruf di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/3).
"Masalah-masalah menyangkut soal mengenai penanganan komitmen kebangsaan, terhadap implementasi Pancasila terutama sila kelima," lanjut dia.
Saat bertemu Jokowi siang tadi, BPIP yang diwakili Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan timnya sejauh ini. Mulai dari bertemu dengan Panglima TNI, Kapolri hingga Kepala BIN.
Mega juga menyebut BPIP beberapa kali memberikan ceramah di beberapa tempat. Salah satunya di MPR. "Tentu saja permintaan ceramah dilakukan oleh eksekutif dan kami membagi dan juga dari MPR," tutur Mega.
ADVERTISEMENT