Jokowi Menang di TPS Ridwan Kamil, Ganjar, dan Khofifah Nyoblos

17 April 2019 15:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Calon presiden petahana Joko Widodo saat mencoblos di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4). Foto: Agus Suparto/Presidential Palace
zoom-in-whitePerbesar
Calon presiden petahana Joko Widodo saat mencoblos di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4). Foto: Agus Suparto/Presidential Palace
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, menang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mencoblos.
ADVERTISEMENT
Bahkan selisih suara antara Jokowi dan Prabowo di TPS-TPS tersebut cukup jauh. Seperti di TPS 1, Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, tempat Ganjar mencoblos.
Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 1 Gajahmungkur, Ary Agung N, mengatakan paslon 01 meraup 201 suara. Sementara itu paslon 02 hanya mendapatkan 29 suara. Adapun surat suara yang dinyatakan abstain atau tidak sah berjumlah 4 buah.
Hasil penghitungan. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
"Empat suara dinyatakan tidak sah karena salah cara coblos. Ada yang dicoblos dua-duanya (kedua paslon), ada yang dicoblos tidak dengan alat, dan ada juga yang tidak dicoblos gambar kedua paslonnya," ujar Ary saat dijumpai wartawan di sela penghitungan suara, Rabu (17/4).
Sementara itu di TPS 32, Jalan Cigadung Selatan VIII, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, tempat Ridwan Kamil mencoblos, Jokowi juga menang.
Hasil perhitungan suara di TPS 32 di Jalan Cigadung Selatan VIII, RT 3 RW 8, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, lokasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil nyoblos. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
"Kalau untuk pemilihan presiden sudah selesai. Nomor satu 125 suaranya, nomor 2 dapat 96. Yang tidak sah ada 3," kata Ketua KPPS 32, Yocky Kresnadiansyah, melalui sambungan telepon.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di TPS 38 Jemurwonosari, Surabaya, tempat Khofifah menggunakan hak pilihnya. Jokowi menang atas Prabowo-Sandi.
Hasil perhitungan Surat Suara di TPS, tempat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa nyoblos. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Berdasarkan perhitungan surat suara, dari total 196 surat suara yang tercoblos, Jokowi mendapat 120 suara. Sedangkan, Prabowo mendapatkan 74 suara. Sementara, 2 suara dinyatakan tidak sah.