Jokowi Kunjungi Italia 31 Oktober, Terima Estafet Presidensi G20

16 September 2021 22:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Joko Widodo di acara Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia, Selasa (14/9). Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo di acara Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia, Selasa (14/9). Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri pada 31 Oktober mendatang. Jokowi akan mengunjungi Roma, Italia.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke luar negeri setelah dunia dilanda COVID-19. Terkahir kali, Jokowi ke luar negeri yakni ke Australia pada 9-10 Februari 2020.
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, kunjungan Jokowi ke Roma dalam rangka menerima tongkat estafet presidensi G20 dari Italia.
"Bapak Presiden Joko Widodo akan menghadiri penutupan KTT G20 di Roma pada 31 Oktober mendatang," kata Airlangga dalam konferensi pers, 14 September 2021.
"Di sana Bapak Presiden akan menerima secara resmi penyerahan tongkat estafet Presidensi G20 dari PM Italia kepada Presiden RI," tambah dia.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Ketua Umum Partai Golkar itu menuturkan, setelah menerima tongkat estafet. RI resmi resmi memimpin organisasi berisi 20 negara ekonomi terbesar di dunia.
ADVERTISEMENT
"Dan pada itulah pada 1 Desember, Indonesia akan resmi menjadi presidensi G20," ucap Airlangga.
Lebih lanjut, Airlangga mengatakan dalam rangka mempersiapkan G20 pada 2022, pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam persiapan. Termasuk membentuk panitia nasional.
"Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan presidensi G20, berbagai persiapan sudah disiapkan dan salah satunya Keputusan Presiden terkait dengan panitia nasional," kata Airlangga.
"Kemudian beberapa rangkaian yang disiapkan antara lain 150 pertemuan dengan beberapa side event sepanjang tahun dari 1 Desember sampai 31 November 2022," tutup dia.
***
Saksikan video menarik di bawah ini: