JK: Indonesia Akan Segera Kirim Bantuan ke Turki

7 Februari 2023 12:34 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di PMI Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/222. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di PMI Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/222. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (JK), berjanji pihaknya akan mengirimkan bantuan ke Turki. JK juga mengungkapkan, pemerintah Indonesia juga akan segera mengirimkan bantuan ke Turki dan Suriah yang terdampak gempa.
ADVERTISEMENT
Menurut JK, selama ini Turki sudah kerap memberikan bantuan setiap ada bencana alam di Indonesia. Misalnya saat tsunami Aceh pada 2004 silam.
"Indonesia [pasti] akan segera membantu. Apalagi Turki ini luar biasa bantuannya kepada tsunami Aceh. PMI juga akan bergerak membantu [Turki]," kata JK dalam keterangannya, Selasa (7/2).
Dalam kesempatan itu, JK juga mengungkapkan rasa prihatin dan belasungkawa kepada seluruh warga yang terdampak. Gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo itu mengguncang wilayah dekat Kota Gaziantep pada Senin (6/2) dini hari waktu setempat.
"Turut berduka cita atas gempa yang terjadi di Turki," tutur JK.
Selain mengguncang Turki, gempa juga terasa di Suriah. Saat kejadian, sebagian besar warga sedang tertidur.
Setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 3.800 korban tewas. Dari total korban tersebut, sekitar 2.379 korban tewas berada di wilayah Turki, dan 1.444 lainnya ada di Suriah.
Sejumlah warga dan tim penyelamat mencari korban gempa yang tertimpa bangunan di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Foto: Sertac Kayar/Reuters
Seorang warga diselamatkan dari puing-puing rumah sakit yang runtuh, menyusul gempa bumi di Iskenderun, Turki, Senin (6/2/2023). Foto: Umit Bektas/REUTERS