Jatinangor Masuk Zona Biru, Unpad dan IPDN Boleh Buka Lagi

8 Juni 2020 14:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gedung Universitas Padjadjaran. Foto: Wikipedia
zoom-in-whitePerbesar
Gedung Universitas Padjadjaran. Foto: Wikipedia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Meski bukan jadi kewenangan pemerintah provinsi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil menuturkan, dibukanya kembali universitas di Jabar didasarkan atas level kewaspadaan wilayahnya.
ADVERTISEMENT
Jika universitas berada di zona biru atau hijau, maka rektor universitas diperkenankan membuka sedangkan apabila di zona merah atau kuning belum diperkenankan dibuka.
"Selama universitas itu ada di zona biru dan hijau maka rektor dipersilakan melakukan pembukaan sesuai dengan situasi level kewaspadaan sementara kalau universitasnya ada di zona kuning atau merah, maka itu tidak boleh," kata dia melalui keterangannya, Senin (8/6).
Emil kemudian mencontohkan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang ada di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.
Diketahui, Kabupaten Sumedang masuk ke dalam zona biru level kewaspadaan. Maka dari itu, Unpad dan IPDN dapat beroperasi kembali mengadakan pertemuan fisik tapi terbatas dan penerapan protokol kesehatan.
Mendagri Tito Karnavian melantik 1.608 calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXX menjadi praja di Kampus IPDN, Kabupaten Sumedang, Kamis (31/10). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
"Misalkan, Jatinangor itu harus dicek kalau misalkan sudah masuk zona biru itu Unpad dan IPDN itu sudah mulai bisa melakukan pertemuan fisik secara terbatas dan lain-lain," ujar dia.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar (Pikobar) pada Senin (8/6) pukul 12.14 WIB, pasien sembuh meningkat 99 pasien atau berada di angka 878.
Sementara, kasus positif corona di Jabar pun mengalami peningkatan 28 pasien menjadi 2.404. Adapun pasien yang meninggal dunia tidak mengalami peningkatan dan masih di angka 158.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona