Jaksa Agung Rotasi Pejabat: Mia Amiati Kajati Jatim; Reda Manthovani Kajati DKI

21 Februari 2022 15:57 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jaksa Mia Amiati. Foto: Facebook/Kejati Riau
zoom-in-whitePerbesar
Jaksa Mia Amiati. Foto: Facebook/Kejati Riau
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jaksa Agung ST Burhanuddin merotasi sejumlah pejabat di lingkungan Kejaksaan RI. Tercatat ada 18 posisi Kepala Kejaksaan Tinggi yang diisi oleh pejabat baru.
ADVERTISEMENT
Rotasi tersebut tertuang dalam Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Pemindahan, Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI.
Surat Keputusan Jaksa Agung itu ditandatangani pada 18 Februari 2022 oleh ST Burhanuddin.
Salah satu yang dirotasi adalah Jaksa Mia Amiati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Intelijen menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.
Nama Mia tak asing lagi di lingkungan Kejaksaan. Dia merupakan jaksa berprestasi yang sempat menempati beberapa posisi penting di Kejaksaan RI.
Dia pernah menjabat sebagai Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau; Koordinator Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara hingga Kepala Kejaksaan Tinggi Riau.
ADVERTISEMENT
Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melantik Wakil Jaksa Agung dan 3 Jaksa Agung Muda. Foto: Kejaksaan Agung
Mia pun pernah mengikuti Seleksi Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Berkualifikasi Pemantapan Tahun 2020. Hasilnya, dia menempati posisi pertama dari enam orang yang ikut seleksi.
Belakangan nama Mia menjadi sorotan usai disebut merupakan istri kedua Jaksa Agung ST Burhanuddin. Hal tersebut menjadi isu usai Direktur Eksekutif Jaga Adhyaksa, David Sitorus, melaporkan hal tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
"Yang diberitakan kan gini, bahwa dia menjadi istri dari Jaksa Agung Burhanuddin. Sementara kalau kita lihat di website Kejaksaan, istri Jaksa Agung itu kan bukan atas nama Mia Amiati," ungkap David, Sabtu (20/11).
Namun demikian, kabar tersebut belum terkonfirmasi baik dari ST Burhanuddin hingga pihak Kejaksaan RI.
Selain nama Mia, ada juga nama Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer yang mendapatkan promosi menjadi Kajati Banten. Serta Reda Manthovani yang kini menjadi Kajati DKI.
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. Foto: ANTARANEWS
Berikut daftar 18 pejabat baru Kejagung setingkat Kajati:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT