Jakpro Mulai Uji Coba Aspal Sirkuit Formula E di Sisi Timur Monas

22 Februari 2020 15:00 WIB
Uji coba pengaspalan untuk Formula E di sisi Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2).  Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Uji coba pengaspalan untuk Formula E di sisi Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ajang balap listrik Formula E tengah disiapkan untuk dapat mengaspal sesuai jadwal pada 6 Juni 2020. Polemik izin lintasan pun telah selesai usai Komisi Pengarah memberi lampu hijau untuk membangun lintasan di area Monas.
ADVERTISEMENT
Kabar beredar kemudian menyebut soal adanya pengaspalan di sisi Timur Monas. kumparan mencoba mengecek ke lokasi dan memang terlihat ada lintasan aspal sepanjang kurang lebih 15 meter di sisi timur Monas.
Warga memotret aspal yang sedang di uji coba untuk Formula E di sisi Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
Dari pantauan di lokasi, aspal terlihat dibangun hanya di sebagian kecil jalan. Sementara di bawah aspal terlihat adanya kain putih yang melindungi batu alam yang sebelumnya sudah terpasang dengan aspal yang baru dibangun.
Deputy Director Communications Formula E, Jakpro, Hilbram Dunar pun membenarkan hal ini. Dia menyebut pengaspalan yang ada di sisi Timur Monas merupakan uji coba.
"Semalam adalah uji coba pengaspalan dengan 2 metode," ujar Hilbram saat dikonfirmasi, Sabtu (22/2).
Aspal yang sedang di uji coba untuk Formula E di sisi Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
Dia menyebut uji coba pengaspalan ini mulai dilakukan pada Jumat (21/2) malam. Uji coba ini dilakukan dengan dua metode yakni menggunakan metode sandsheet dan geotextile.
ADVERTISEMENT
"Satu, sandsheet. Dua, Geotextile, untuk menentukan mana yang paling efektif apabila nanti dikembalikan ke cobblestone," jelas dia.
Uji coba pengaspalan untuk Formula E di sisi Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). Foto: Efira Tamara Thenu/kumparan
Uji coba ini akan dilepas pada 26 Februari. Setelah mendapat opsi pengaspalan paling efektif, Jakpro mulai melakukan pengaspalan untuk lintasan Formula E.
"Tanggal 26 Februari akan dilepas kembali. Lalu seteleh di-review mana yang paling efisien akan mulai dilakulan pengaspalan," tuturnya.